Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkopolhukam Bersyukur Pilkada DKI Berlangsung Aman

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto bersyukur pemilihan kepala daerah (Pilkada) putaran kedua DKI Jakarta berlangsung aman dan tertib.
Wiranto saat serah terima jabatan Menko Polhukam, di Jakarta, Kamis (28/7)./Antara-Wahyu Putro A
Wiranto saat serah terima jabatan Menko Polhukam, di Jakarta, Kamis (28/7)./Antara-Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto bersyukur pemilihan kepala daerah (Pilkada) putaran kedua DKI Jakarta berlangsung aman dan tertib.

Dia meminta agar kondisi aman dan harmoni ini terus dijaga dan dipelihara.

"Perlu disyukuri bahwa pelaksanaan pilkada serentak untuk DKI Jakarta putaran kedua telah berlangsung dengan baik. Mudah-mudahan kondisi ini dapat terus kita pelihara dalam rangka keamanan, ketertiban di seluruh Indonesia, terutama DKI Jakarta," kata Wiranto dalam siaran pers yang terbit pada Rabu (19/4/2017).

Dia menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat yang telah melaksanakan hak pilihnya dengan tertib dan teratur serta membangun rasa aman di kalangan masyarakat sendiri.

Demikian pula terimakasih dan apresiasi kepada penyelenggara pemilu baik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta maupun Panwaslu yang telah melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

Ucapan terima kasih serta rasa hormat kepada seluruh aparat keamanan yang telah menjaga keamanan, ketertiban dalam pelaksanaan Pilkada putaran kedua DKI Jakarta.

"Memang ada insiden kecil-kecilan tapi saya kira itu wajar. Hal yang lumrah dalam suatu proses Pilkada di mana pun. Sekarang tentu kondisi ini kita jaga, jangan sampai kondisi yang sudah baik, sudah terhormat dan bermartabat dinodai dengan hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Wiranto.

Berdasarkan himbauan Presiden Joko Widodo, kalah menang dalam satu kontes politik merupakan hal yang sangat biasa. Karena itu, siapa pun yang kalah dalam persaingan ini harus legawa, ikhlas bahwa inilah hasil yang telah dicapai dalam proses demokrasi di Indonesia. Sementara itu, pasangan calon yang menang harus menunjukan sikap negarawan dan tidak melakukan hal-hal yang berlebihan.

"Karena itu, tentu para paslon yang kalah atau menang itu hal yang sangat lumrah, terutama yang menang juga harus menunjukan sikap negarawan, tidak melakukan hal-hal yang berlebihan. Paslon yang kalah juga harus segera melakukan  langkah untuk mengajak para pendukungnya, para pengikutnya untuk bisa menerima kekalahan sebaik-baiknya," kata Wiranto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper