Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Hapus Visa 457. Izin Kerja Imigran Diperketat

Australia akan memperketat penerbitan Visa bagi tenaga kerja terampil dengan menghapus program visa 457 yang telah dimanfaatkan hampir 100.000 pekerja asing di negara tersebut.
PM Asutralia Malcolm Turnbull/Reuters
PM Asutralia Malcolm Turnbull/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -- Australia akan memperketat penerbitan Visa bagi tenaga kerja terampil dengan menghapus program visa 457 yang telah dimanfaatkan hampir 100.000 pekerja asing di negara tersebut.

Hal ini dilakukan seiring melemahnya bursa kerja negara kanguru tersebut serta merebaknya sentimen anti-imigran di sejumlah negara maju.

Sistem imigrasi harus berusaha memastikan bahwa lapangan kerja di Australia diisi warga Australia di bidang mana pun sebisa mungkin," sebut Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (18/4/2017).

Visa terbaru nanti hanya akan mengizinkan pekerja asing tinggal selama dua tahun dibandingkan aturan 457 yang mengizinkan pekerja asing tinggal di Australia selama 4 tahun. Selain itu, jumlah keterampilan yang memiliki kualifikasi untuk mendapatkan visa tersebut juga akan dikurangi.

Para pengaju visa kerja diharuskan menguasai bahasa Ingris dengan standar lebih tinggi dari sebelumnya. Mereka juga harus menjalani pemeriksaan kepolisian sementara penyedia lapangan kerja juga diharuskan menunjukkan bahwa pihaknya benar-benar membutuhkan pekerja asing.

Selain Visa 457, adapula Visa jangka menengah dengan persyaratan lebih ketat. Namun, tak satu pun dari visa tersebut yang pada akhirnya bisa memberi izin pekerja asing untuk tinggal secara permanen di Australia.

"Kami mengakhiri masa berlaku Visa 457 sebab visa tersebut tidak lagi kredibel," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper