Siapa Ketua Fraksi Golkar DPR Pilihan Setya Novanto?

Dewan Pemimpin Pusat Partai Golkar akhirnya resmi menunjuk Robert J. Kardinal sebagai ketua Fraksi Partai Golkar di DPR menggantikan Kahar Muzakir yang sebelumnya dicopot.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 18 April 2017  |  18:19 WIB
Siapa Ketua Fraksi Golkar DPR Pilihan Setya Novanto?
Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR Robert J. Kardinal - Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Dewan Pemimpin Pusat Partai Golkar akhirnya resmi menunjuk Robert J. Kardinal sebagai ketua Fraksi Partai Golkar di DPR menggantikan Kahar Muzakir yang sebelumnya dicopot.

Pergantian jabatan strategis tersebut berdasarkan surat Dewan Pemimpin Pusat (DPP) Partai Golkar yang ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham.

"Mengesahkan dan menetapkan saudara Robert Kardinal sebagai Ketua Fraksi Golkar DPR mengantikan Kahar Muzakir dan sekaligus Robert Kardinal merangkap sebagai Bendahara Fraksi Partai Golkar," demikian bunyi kutipan surat pergantian dari DPP Partai Golkar, Selasa (18/4/2017).

Sebelumnya Sekjen Partai Golkar Idrus Marham membenarkan pencopotan Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Kahar Muzakir yang disebutnya semata-mata bertujuan untuk penyegaran di internal partai.

Sejak kemarin isu pencopotan tersebut telah santer di kalangan wartawan DPR setelah munculnya sejumlah dinamika di internal partai tersebut.

Selama ini Kahar dikenal sebagai sosok loyalis dan pembela Novanto, terutama ketika kasus 'Papa Minta Saham' mencuat. Saat itu Kahar menjadi WakilKketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang ikut membela Novanto dalam kasus dugaan suap atas kepemilikan saham PT Freeport Indonesia.

Dinamika di tubuh Partai Golkar mulai terasa memanas sejak pergantian Ketua DPR Setya Novanto kepada Ade Komaruddin dan kembali dijabat Novanto setelah pengusaha itu terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
partai golkar, setya novanto

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top