Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulut Rilis 6 izin Prinsip Investasi Triliunan Rupiah

Dinas Penanaman Modal & Perizinan Terpasu Satu Atap (PTSP) Sulawesi Utara telah menerbitkan enam izin prinsip kepada investor lokal sepanjang kuartal I/2017. Komitmen investasi dari pemodalal swasta lokal diestimasi mencapai triliunan rupiah.
Ilustrasi: Kantor Gubernur Sulut/Antara
Ilustrasi: Kantor Gubernur Sulut/Antara

Bisnis.com, MANADO -- Dinas Penanaman Modal & Perizinan Terpasu Satu Atap (PTSP) Sulawesi Utara telah menerbitkan enam izin prinsip kepada investor lokal sepanjang kuartal I/2017. Komitmen investasi dari pemodalal swasta lokal diestimasi mencapai triliunan rupiah.

Janny Rembet, Kepala Bidang Pengendalian Investasi Dinas Penanaman Modal & PTSP Sulut mengatakan investor lokal siap membenamkan modal di sektor pariwisata, transportasi, pertambangan, perikanan dan energi. Dia mengimbuhkan, sejumlah proyek bakal memulai konstruksi mulai April hingga Desember mendatang.

Di sektor energi, dua proyek pembangkit listrik mikro hidro berdaya 3-10 megawatt bakal menelan investasi puluhan miliar rupiah. Sementara itu, investasi di sektor pertambangan semen dan pariwisata bernilai triliunan rupiah.

"Semen itu bisa Rp9 triliun. Tapi itu investasi multiyears 2-3 tahun. Begitu mulai konstruksi itu akan tercatat dalam LKPM [Laporan kegiatan penanaman modal]," jelasnya kepada Bisnis.com, Senin (17/4/2017).

Sektor lain yang juga menarik minat investor menurut Janny adalah transporasi. Sebuah perusahaan transportasi bakal merambah bisnis taksi di Manado. Ekspansi itu tak lepas dari geliat industri pariwisata di Sulawesi Utara di mana sepanjang tahun lalu kunjungan turis asing naik 100% menjadi 40.624 turis.

Sepanjang 2017, Sulut menargetkan realisasi investasi sebesar Rp4 triliun atau sama dengan pencapaian pada 2016. Untuk diketahui, realisasi investasi di Sulut tahun lalu melampaui target awal sebesar Rp2,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper