Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Badang Aceh Tenggara: 2 Tewas, 298 Rumah Rusak

Sebanyak 8 desa di 2 kecamatan terdampak bencana banjir badang yang melanda Aceh Tenggara.Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan banjir yang terjadi pada Selasa (11/4/2017) tersebut diakibatkan oleh hujan berintensitas tinggi dan durasi cukup lama serta adanya banjir kiriman di bagian hulu.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA- Sebanyak 8 desa di 2 kecamatan terdampak bencana banjir badang yang melanda Aceh Tenggara.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan banjir yang terjadi pada Selasa (11/4/2017) tersebut diakibatkan oleh hujan berintensitas tinggi dan durasi cukup lama serta adanya banjir kiriman di bagian hulu.

Banjir bandang membawa material lumpur dan kayu-kayu menimbulkan korban jiwa dan kerusakan. Banjir berlangsung secara cepat.

"Terdapat 8 desa di 2 kecamatan yang terdampak langsung banjir bandang. Berdasarkan data sementara dari Posko Tanggap Darurat BPBD Kabupaten Aceh Tenggara dilaporkan dampak banjir bandang menyebabkan 2 orang meninggal dunia yang hanyut akibat banjir," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (12/4/2017).

Selain itu, Sutopo juga menyebutkan satu orang masih dalam pencarian, sedangkan tiga orang yang hanyut sudah berhasil ditemukan dalam kondisi pingsan.

Sebanyak 298 rumah juga mengalami kerusakan, yaitu 127 unit rumah rusak berat, 91 unit rumah rusak sedang dan 80 unit rumah rusak ringan.

BPBD Aceh Tenggara telah berkoordinasi dengan TNI, Polri dan SKPD terkait untuk melakukan penanganan darurat.

"Sebanyak 4 alat berat telah dikerahkan untuk membersihkan lumpur di badan jalan Medan-Kutacane. Bantuan logistik telah dikirimkan," lanjutnya.

Sementara itu, banjir juga melanda 11 desa di Kecamatan Arongan Lambalek dan Kecamatan Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat pada Rabu (12/4/2017) pukul 13.35 Wib. Sekitar 588 KK atau 1.784 jiwa terdampak banjir. Adapun, penanganan dan pendataan dampak banjir masih dilakukan oleh BPBD Aceh Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper