Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astaga, Remaja Ini Berencana Bunuh Paus Fransiskus

Seorang remaja asal New Jersey, Amerika Serikat, mengaku berniat membunuh Paus Fransiskus pada 2015 saat misa terbuka di Philadelphia, kata dokumen kejaksaan federal.
Paus Fransiskus/Reuters
Paus Fransiskus/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Seorang remaja asal New Jersey, Amerika Serikat, mengaku berniat membunuh Paus Fransiskus pada 2015 saat misa terbuka di Philadelphia, kata dokumen kejaksaan federal.

Santos Colon (17 tahun) pada awal pekan ini memberikan pengakuan di pengadilan federal di Camden, New Jersey, bahwa dia berupaya bersekongkol dengan seorang penembak jitu untuk menembak Paus saat berkunjung ke Philadelphia serta meledakkan bom di daerah sekitarnya, lapor Reuters.

Colon menjalin hubungan dengan seseorang, yang dikiranya akan menjadi penembak jitu, sejak 30 Juni hingga 14 Agustus 2015. Namun, orang itu sebenarnya adalah anggota FBI, yang menyamar, kata kejaksaan.

Serangan tidak terjadi dan agen FBI menangkap Colon pada 2015.

"Colon menjalin hubungan dengan sumber rahasia FBI dan meminta sumber tersebut membeli alat untuk membuat bahan peledak," kata kejaksaan dalam pernyataan pada Senin.

Juru Bicara Kejaksaan New Jersey Amerika Serikat, Matthew Reilly, mengatakan pada Selasa bahwa tidak ada dokumen pengadilan yang menyebutkan soal kemungkinan motivasi remaja New Jersey itu berencana membunuh Paus.

Beberapa media melaporkan bahwa ulah Colon adalah bagian dari rencana terilhami gerombolan ISIS.

Remaja warga negara AS dari Lindenwold, New Jersey, itu pada Senin didakwa sebagai orang dewasa atas rencana memberikan dukungan materi kepada para teroris.

Colon menghadapi ancaman hukuman penjara 15 tahun dan denda sebesar 250.000 dolar AS (sekitar Rp3,3 miliar) atau dua kali lipat dari keuntungan atau kerugian aksi, kata kejaksaan.

Tanggal persidangan untuk penjatuhan vonis belum ditentukan dan penyelidikan masih berlangsung.

Paus Fransiskus mengunjungi Philadelphia pada 26 dan 27 September 2015 untuk memimpin misa terbuka, yang dihadiri oleh ratusan ribu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper