Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kata Kapolda Jaya Soal Aksi 313 Besok

Sejumlah personil gabungan telah disiapkan sejak malam ini guna mengamankan berlangsungnya aksi 313 esok hari.
Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan./Antara
Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan./Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Sejumlah personil gabungan telah disiapkan sejak malam ini guna mengamankan berlangsungnya aksi 313 esok hari.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menyebutkan terkait pengamanan aksi besok, massa harus berada dalam radius 500 meter dari lingkungan istana kepresidenan RI.

"Harus berada di radius lima ratus meter dari lingkaran istana. Kami akan mundurkan lima ratus meter karena supaya memang lebih leluasa," katanya, Kamis (30/3/2017).

Selain mengatur jarak massa dari istana, pihak kepolisian juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas dan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan menuju istana sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Namun, Iriawan belum bisa memastikan ruas jalan mana saja yang akan ditutup. Pihaknya masih akan melakukan monitor.

"Tentu rekayasa lalu lintas ada kita lakukan nanti. Di beberapa tempat sepeti patung kuda, kita akan mulai tutup nanti. Kemudian di sekitar Gambir, kemudian di belakang Jalan Veteran. Tergantung, saya akan monitor nanti hari ini perkembangan massa yang akan bergerak dalam unjuk rasa besok," jelasnya.

Iriawan mengingatkan agar para massa aksi menjaga ketertiban dan mematuhi aturan-aturan yang ada, termasuk jadwal pembubaran aksi serta rute yang akan dilalui ketika menuju istana presiden. Dia menegaskan pihaknya akan melayani kegiatan masyarakat dengan baik selama terlaksana dengan tertib sembari tetap bersiaga terhadap kemungkinan munculnya tindakan anarkis oleh pihak-pihak tertentu.

"Tujuannya kan istana. Artinya, mereka akan mendekat wilayah itu. Kalau dari Istiqlal lewat Gambir ke depan Patung Kuda, ya kami akan mengawal, tetapi kalau keluar jalur itu seperti ke Thamrin-Sudirman, akan kami larang karena mengganggu ketertiban umum dan lalu lintas," paparnya.

Seperti diketahui, massa berencana untuk melakukan sholat bersama di Masjid Istiqlal untuk kemudian bergerak menuju istana presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper