Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUA BOM Tewaskan 2 Polisi dan 4 Warga Sipil. 40 Lainnya Luka

Dua ledakan bom menewaskan dua polisi, empat warga sipil, dan membuat 40 korban lainnya mengalami luka di Bangladesh, Sabtu (25/3/2017).
Ilustrasi bom/Antara
Ilustrasi bom/Antara

Kabar24.com, DHAKA - Dua ledakan bom menewaskan dua polisi, empat warga sipil, dan membuat 40 korban lainnya mengalami luka di Bangladesh, Sabtu (25/3/2017).

Ledakan tersebut terjadi di dekat tempat persembunyian kelompok bersenjata di wilayah timur laut Bangladesh, yang sempat dirazia oleh komando militer.

Dua ledakan di distrik Sylhet terjadi satu hari setelah seorang pelaku bom bunuh diri melakukan aksinya di sebuah pos pengamanan bandara udara utama Bangladesh.

Kelompok bersenjata ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

"Sekitar enam orang tewas, termasuk dua anggota kepolisian pada dua ledakan itu, satu di dekat tempat persembunyian kelompok militan dan lainnya di depan gedung dekat tempat ledakan pertama," kata seorang petugas kepolisian Sylhet, Zedan Al Musa.

Lebih dari 40 lainnya terluka, beberapa di antaranya dalam kondisi kritis. Beberapa personil militer dan kepolisian juga mengalami luka, kata dia menambahkan.

"Kelompok IS mengklaim bertanggung jawab "untuk serangan bom di Sylhet," kata layanan pemantau SITE mengutip lembaga berita milik kelompok militan, Amaq.

Komando militer telah menggeledah tempat persembunyian sebuah kelompok bersenjata lokal, yang mengaku tunduk di bawah kekhalifahan ISIS, di dekat lokasi ledakan itu. Kelompok itu diduga bertanggung jawab atas serangan bom di sebuah kafe pada Juli tahun lalu di mana 22 orang tewas, sebagian besar merupakan warga negara asing.

Pada Sabtu, pusat komando militer berhasil menyelamatkan 78 orang yang terjebak di dalam sebuah gedung lima lantai selama lebih dari 24 jam dalam operasi yang hingga kini masih berlangsung.

Penggeledahan itu terjadi setelah munculnya gelombang serangan bunuh diri di sejumlah pangkalan militer pada bulan ini. Pada Jumat, sebuah laporan forensik menyimpulkan bahwa serangan pada Jumat di bandara merupakan bom bunuh diri.

Insiden itu merupakan yang ketiga terjadi di ibu kota Bangladesh, Dhaka, selama hanya satu pekan.

Kelompok ISIS dan Al Qaeda saling mengklaim tanggung jawab atas tewasnya warga asing, tokoh liberal, maupun anggota kelompok minoritas religius di Bangladesh, sebuah negara berpenduduk 160 juta yang sebagian besar menganut agama Islam.

Pemerintah sering membantah keberadaan ISIS maupun Al Qaeda di Bangladesh. Mereka justru menunjuk pada kelompok militan lokal, meski sejumlah pakar keamanan mengatakan bahwa skala dan kerumitan serangan kafe menunjukkan adanya jaringan lintas negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper