Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Irwandi, Megawati Titip Taman Nasional Gunung Leuser

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, berharap pemerintah dan masyarakat Aceh memberikan perhatian yang serius terhadap Taman Nasional Gunung Leuser.
Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser/Indonesia Travel
Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser/Indonesia Travel

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, berharap pemerintah dan masyarakat Aceh memberikan perhatian yang serius terhadap Taman Nasional Gunung Leuser agar kawasan pelestarian alam itu selalu dalam kondisi yang baik.

"Saya berharap Taman Nasional Gunung Leuser dijaga. Karena taman nasional tidak hanya untuk kita saja tapi internasional juga mengamatinya. Apa langkah Aceh untuk bisa melakukan penyelamatan Taman Nasional Gunung Leuser," ujar Megawati saat berdialog dengan Gubernur Aceh terpilih Irwandi Yusuf di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta, pada Kamis (23/3/2017).

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) adalah kawasan pelestarian alam seluas 1.094.692 hektare.

Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh.

Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

PDIP dalam pilkada Gubernur Aceh lalu mengusung Irwandi Yusuf. Irwandi bersama kepala daerah terpilih yang diusung PDIP di beberapa kabupaten melakukan silaturahmi ke kediaman Megawati. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjadi moderator dalam dialog yang berlangsung hampir 1 jam.

Pada bagian lain, Megawati meminta Pemerintah Provinsi Aceh untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap sejumlah tokoh wanita pejuang yang namanya sudah melegenda seperti Tjut Nyak Dien dan Laksamana Malahayati.

"Mereka simbol perjuangan yang berasal dari kaum perempuan Aceh. Bukan karena saya perempuan juga lho," kata Megawati.

Dia mengatakan Irwandi Yusuf bersama masyarakat Aceh tentunya bisa melakukan dialog atau kajian secara khusus sehingga para wanita pejuang tersebut akan terus dikenang khususnya oleh masyarakat Aceh.

Megawati pun sempat menyinggung keberadaan makam Muhammad Daud Syah yang merupakan Sultan Aceh terakhir yang menurut informasi berada di salah satu wilayah di Jakarta.

Megawati juga meminta Irwandi bersama seluruh masyarakat Aceh untuk bergotong royong demi kemajuan dan masa depan Aceh yang lebih baik.

"Saya punya alasan kenapa mengusung Pak Irwandi Yusuf dalam pilkada kemarin. Saya berharap beliau bisa menjadi landasan era baru Aceh," ucap Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper