Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Kali Ini, Video Bunuh Diri Live di Media Sosial

Dunia maya dihebohkan dengan posting-an video siaran langsung pemilik akun Facebook bernama Pahinggar Indrawan yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
Ilustrasi bunuh diri/Istimewa
Ilustrasi bunuh diri/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Dunia maya dihebohkan dengan posting-an video siaran langsung pemilik akun Facebook bernama Pahinggar Indrawan yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

"Ini baru pertama kali," kata Nukman Luthfi, pengamat media sosial, Sabtu (18/3/2017).

Nukman mengatakan perkembangan teknologi memang bisa membuat setiap orang terkejut. Sisi gelap dari perkembangan teknologi itu, kata dia, memunculkan banyak hal yang bisa dieksploitasi dan nyaris tak terbatas.

"Setiap orang pengen dilihat. Normalnya seperti itu," ujarnya.

Kematian Pahinggar yang tayang di media sosial itu pun, menurut Nukman, di luar dugaan semua orang. Dia melihat, teknologi membuka banyak hal yang bisa membuat orang berbuat hal negatif.

Selain itu, dunia digital akan bergerak lebih dulu daripada polisi atau orang yang punya kemampuan untuk mencegah hal negatif terjadi.

"Kita, mau tidak mau harus menerima kenyataan itu. Kenapa sampai seekstrim ini? Karena dia (Pahinggar) mau pamer," ujarnya.

Pahinggar, kata Nukman, memiliki fasilitas untuk menunjukkan proses bunuh dirinya, yaitu karena adanya fitur live di Facebook.

"Kalau tidak ada live Facebook kan dia tidak bisa pakai," katanya menambahkan. Karena itu, Nukman mengimbau semua orang untuk bersiap-siap menghadapi segala macam efek negatif dari perkembangan teknologi.

Kasus kematian Pahinggar sempat membuat geger media sosial sejak 17 Maret 2017. Dia gantung diri di rumahnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan menayangkannya secara langsung di Facebook. Dari tayangan itu pula, terungkap bahwa sebelum mengakhiri hidupnya, Pahinggar sempat bertengkar dengan sang istri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper