Rambu Ini Bikin Cemas Orang Yahudi

Sebuah rambu jalan buatan yang tampaknya merupakan peringatan, "Waspadalah terhadap orang Yahudi" terpasang hanya beberapa kilometer dari sebuah sinagog di utara kota London.
John Andhi Oktaveri | 16 Maret 2017 13:54 WIB
Ilustras-Aksi protes di Israel - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Sebuah rambu jalan buatan yang tampaknya merupakan peringatan, "Waspadalah terhadap orang Yahudi" terpasang hanya beberapa kilometer dari sebuah sinagog di utara kota London.

Rambu tersebut bergambar siluet seorang pria Yahudi ortodoks yang mengenakan topi tradisional fedora dan terpasang pada sebuah tiang lampu di kawasan Stamford Hill.

Seorang warga Yahudi yang berada di lingkungan tersebut, melihat rambu tersebut dan melaporkannya kepada polisi.

Barry Bard, warga Yahudi di Shomrim, London, mengatakan rambu tersebut merupakan yang pertama yang ditemukan dalam jenisnya. Namun, rambu itu justru mencemaskan masyarakat setempat yang mempertanyakan apa maksudnya.

“Orang-orang dari Stamford Hill, dengan sedih saya katakan, sudah sangat biasa dengan berbagai ungkapan kebencian anti-Semit, tapi kebanyakan merupakan menjadi pelecehan verbal atau serangan," ujar Bard sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Kamis (16/3/21017).

Orang yang merencanakan (pembuatan rambu ini) jelas berupaya untuk menakut-nakuti dan meresahkan masyarakat setempat, ujarnya menambahkan.

Menteri Dalam Negeri bayangan sekaligus anggota parlemen setempat, Diane Abbott, mengatakan hal itu menjijikkan dan tidak bisa diterima. Sedangkan anggota parlemen Partai Buruh dari Tottenham, David Lammy menyebut hal itu sebagai hal yang tercela.

 

Tag : yahudi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top