Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terputus Banjir dan Longsor, Jalur Darat Padang-Pekanbaru Dialihkan

Jalur darat dari Padang, Sumatra Barat menuju Pekanbaru, Riau, atau sebaliknya dialihkan sementara melalui Teluk Kuantan karena jalur utama melalui Limapuluh Kota terputus akibat banjir dan longsor sejak Kamis (2/3) dini hari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Maret 2017  |  17:38 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Muhamad Yamin
Ilustrasi - Bisnis/Muhamad Yamin

Kabar24.com, PADANG - Banjir dan longsor berdasar pada trasportasi darat di Sumatra Barat menuju RIau.

Jalur darat dari Padang, Sumatra Barat menuju Pekanbaru, Riau, atau sebaliknya dialihkan sementara melalui Teluk Kuantan karena jalur utama melalui Limapuluh Kota terputus akibat banjir dan longsor sejak Kamis (2/3) dini hari.

"Risikonya jalur jadi lebih panjang dan waktu tempuh jadi lebih lama dari awalnya sekitar 7-8 jam menjadi 10 jam," kata salah seorang pengusaha transportasi Antar Jemput Antara Provinsi (AJAP) Padang-Pekanbaru Depi ketika dihubungi dari Padang, Jumat (3/3/2017).

Menurutnya, akibat perubahan jalur itu, tarif juga naik antara Rp30 ribu hingga Rp50 ribu bergantung pada sopir yang akan membawa mobil.

"Biasanya tarif sebesar Rp130 ribu, sekarang naik sesuai kesepakatan," ujar dia.

Perubahan jalur antara dua provinsi tersebut akan terus berlangsung hingga material longsor pada jalur Sumbar-Riau melalui Limapuluh Kota berhasil dibersihkan dan banjir surut.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara mengatakan hingga saat ini jalur Sumbar-Riau melalui Limapuluh Kota masih terputus.

"Semua pihak sedang berusaha semaksimal mungkin membersihkan material longsor agar bisa memberikan bantuan pada masyarakat terdampak longsor," katanya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Padang Pariaman, Budi Samiaji menginformasikan hujan masih berpotensi terjadi di Limapuluh Kota dan Sijunjung yang terkena bencana banjir. Potensi hujan menurutnya juga terdapat di Pasaman Barat.

"Daerah ini diimbau waspada bencana akibat curah hujan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir padang pekanbaru

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top