Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Jateng : Meski Turun, Keyakinan Konsumen Januari 2017 Tetap Optimistis

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah merilis indeks keyakinan konsumen pada Januari 2017 menurun dua poin dari Desember 2016.

Kabar24.com, SEMARANG—Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah merilis indeks keyakinan konsumen pada Januari 2017 menurun dua poin dari Desember 2016. Namun naik 1,6 poin dari Januari tahun lalu.

Kendati demikian, seperti dikutip dari siaran resmi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rabu (22/2), indeks keyakinan konsumen (IKK) pada Januari tersebut menunjukan level optimistis.

Pada Januari 2017 IKK mencapai 123,2 sedangkan pada Desember 2016 mencapai 125,1.  Adapun pada Januari 2016 IKK mencapai 121,6.

Melemahnya keyakinan konsumen disebabkan penurunan indeks ekspektasi konsumen (IEK) sebesar 5,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 130,8. Namun indeks kondisi ekonomi (IKE) saat ini menunjukan peningkatan sebesar 1,1 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi 115,5.

Konsumen memperkirakan kenaikan harga akan terjadi pada April dan Juli 2017. Hal ini terindikasi dari indeks ekspektasi harga (IEH) tiga bulan mendatang yang tercatat lebih tinggi 9,2 poin menjadi 181,4 dan IEH enam bulan mendatang juga lebih tinggi 8,1 poin menjadi 188,3.

Untuk kondisi keuangan hingga JUli 2017 konsumen memperkirakan jumlah tabungan lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan enam bulan mendatang yang meningkat 2,6 poin diandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi 141,6.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper