Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Implementasi E-goverment Dipercepat

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mempercepat implementasi e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengikuti raker dengan Komisi II DPR di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2017)./Antara-Wahyu Putro A
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengikuti raker dengan Komisi II DPR di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2017)./Antara-Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mempercepat implementasi e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sharing knowledge merupakan salah satu cara untuk menggali pengalaman yang dilakukan sejumlah instansi pemerintah, baik kementerian/lembaga maupun pemda. Akhir pekan lalu, sharing knowledge kembali digelar di Kementerian PANRB, dengan menghadirkan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Annas. Daerah ini merupakan salah satu pemda yang sudah mengimplementasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan banyak daerah yang sudah melakukan inovasi lebih dulu dari pemerintah pusat, termasuk Banyuwangi. Namun, tidak semua daerah yang bisa dijadikan sebagai role model.

"Mudah-mudahan ilmu ini bisa kita sebar ke seluruh Indonesia. Biasanya kalau ilmu dibagi maka akan lebih berkembang lagi," tuturnya dalam keterangan pers, Minggu (5/2/17).

Menurutnya, pemerintah ingin mengetahui teknik penerapan e-government di daerah secara lebih detail, sehingga tim yang akan membuat kebijakan e-gov menjadi lebih realistis. Dia berharap nantinya akan ada Inpres yang mewajibkan seluruh instansi pemerintah melaksanakan pemerintahan berbasis elektronik.

Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB Rini Widyantini mengatakan dengan sharing knowledge ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan e-Gov di seluruh instansi pemerintah.

"Setelah ini kita akan merumuskan aplikasi umum yang nantinya harus digunakan di seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah," ujarnya.

Selain Kabupaten Banyuwangi, daerah lain yang dilibatkan a.l Diantaranya Kabupaten Bojonegoro, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, dari instansi pusat ada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Sekretaris Negara (Setneg), dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Rini menambahkan sudah terlalu banyak aplikasi yang fungsinya sama namun dalam format yang berbeda, sehingga menyebabkan pemborosan anggaran belanja IT. 

"Kalau kita buat satu aplikasi umum yang bisa digunakan di seluruh instansi maka tidak akan ada lagi pembangunan aplikasi-aplikasi di masing-masing instansi. Dan pastinya akan menghemat anggaran belanja negara," tambahnya.

Mengacu pada capaian Banyuwangi, Rini secara khusus menilai sistem pemerintahan berbasis elektronik yang dimiliki daerah tersebut sudah bagus, karena bisa mengatasi masalah ego sektoral dari birokrasi dan berhasil melakukan integrasi sistem. Banyuwangi juga berhasil melakukan manajemen perubahan, khususnya terkait PNS.

“Dalam birokrasi, saya pernah sampaikan bahwa proses bisnis teknologi bukan satu-satunya cara untuk membenahi masalah infrastruktur tapi juga membenahi tata kelola pemerintahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper