Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perjalanan Kesenian Ar.Soedarto Lewat 25 Lukisan

Pelukis AR Soedarto menandai perjalanan keseniannya sebagai pelukis abstark di usianya lenih dari 60 tahun

Bisnis.com, JAKARTA - Pelukis Ar.Soedarto menandai perjalanan keseniannya sebagai seorang pelukis abstrak di usianya lebih dari 60 tahun, dalam pameran lukisan tunggal bertajuk Gonjing Miring mulai 3-16 Februari 2017 di Galeri Nasional Indonesia.

Melalui siaran pers pada Rabu (1/2), kurator pameran Puguh Tjahjono Sadari Warudju mengartikan Gonjing Miring untuk mewakili suatu kondisi anomali, gejala-gejala penyimpangan, deskonstruktif, atau bahkan chaos. Diungkapnya, Gonjing Miring merupakan sebuah kata majemuk yang masing-masing saling meneguhkan pemaknaan kesatuannya.

Gonjing dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai konstruksi yang instabil atau terlepas dari stabilitasnya atau juga inharmoni. Sedangkan Miring adalah konstruksi gerak diagonal dalam bahasa visual bisa diartikan sebagai fenomena instabilitas, gejala tidak stabil, bahkan keruntuhan.

Di usianya yang lebih dari 60an tahun itu, Ar.Soedarto merupakan seniman yang hidup dalam perputaran nilai-nilai yang berkelindan dengan ritme dinamis, bahkan melintasi paling tidak tiga periode penandaan jaman. Ar. Soedarto menangkap beragam situasi dalam lukisannya. Merebaknya era komunikasi digital mencuatkan perubahan, friksi sosial yang bergerak secara dinamik, terbuka, juga problematik. Ada hal yang positif, tetapi juga tak kalah pentingnya mewaspadai ekses negatifnya. Persaingan personal di berbagai lini kehidupan. Bergeraknya nilai-nilai komoditi konsumtif. Mendorong pendulum hidup sosial cenderung ke arah sekulerisasi.

Pameran ini akan dibuka pada Jumat (3/2), yang juga diramaikan dengan pertunjukan monolog Jose Rizal Manua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper