Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendagri Siap Bantu Distribusi Logistik Pilkada

Kementerian Dalam Negeri memastikan akan membantu proses distribusi logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) bersama TNI dan Polri ke sejumlah wilayah terpencil yang sulit dijangkau.
melipat surat suara pilkada 2017
melipat surat suara pilkada 2017

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Dalam Negeri memastikan akan membantu proses distribusi logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) bersama TNI dan Polri ke sejumlah wilayah terpencil yang sulit dijangkau.

Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri, mengatakan pihaknya menjamin seluruh logistik Pilkada akan terdistribusi dengan baik ke seluruh wilayah yang menyelenggarakannya.

“Dukungan juga akan diberikan oleh Polisi Air dan TNI AL. Jadi wilayah kepulauan yang menyelenggarakan pilkada akan dipasok lebih awal, dan sebagian sudah dilakukan. TNI siap membantu dan Polri juga akan mengamankannya,” katanya, Kamis (2/2).

Sumarsono menuturkan meski Kemendagri siap membantu distribusi logistik pemilu, Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) tetap menjadi pihak yang bertanggungjawab terhadap persoalan itu. KPU akan segera melakukan penggantian terhadap logistik yang rusak dan jumlah yang dinyatakan kurang.

Menurutnya, kesiapan penyelenggaraan Pilkada serentak di 101 daerah telah dilakukan secara optimal, dan kondisi di seluruh wilayah itu pun masih aman terkendali. Hal itu diketahui dirinya setelah melakukan rapat koordinasi penyelenggaraan Pilkada 2017 yang menghadirkan seluruh pemangku kepentingan.

“Pilkada di 101 daerah secara umum aman terkendali, hampir tidak ada permasalahan yang signifikan terkait keamanan dan pengendalian,” ujarnya.

Sumarsono juga menyebutkan masih ada potensi kerawanan yang perlu diantisipasi seperti indeks kerawanan yang telah diterbitkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), seperti di Aceh, Papua, dan DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper