Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intelijen Temukan Bukti Keterlibatan Rusia di Pilpres AS

Agen intelijen AS telah menemukan bukti yang meyakinkan bahwa setelah pemilihan presiden pada November lalu, Rusia memberikan hasil peretasan data dari Komite Nasional Demokratik kepada WikiLeaks melalui pihak ketiga.
Cyber crime/ilustrasi
Cyber crime/ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Agen intelijen AS telah menemukan bukti yang meyakinkan bahwa setelah pemilihan presiden pada November lalu, Rusia memberikan hasil peretasan data dari Komite Nasional Demokratik kepada WikiLeaks melalui pihak ketiga.

Hal itu dikemukakan oleh tiga pejabat AS sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (5/1/2017). Mereka sebenarnya telah menyimpulkan beberapa bulan sebelumnya bahwa intelijen Rusia telah memerintahkan peretasan. Akan tetapi mereka kurang yakin Rusia akan menyerahan informasi yang telah merusak nama capres Hillary Clinton dari Partai Demokrat itu kepada Wikileaks.

Wajtu dari kegiatan intelijen itu menjadi penting, karena Presiden AS Barack Obama menghadapi kritikan dari partainya, karena begitu lama merspons serangan cyber tersebut.

Senat dan DPR dan kalangan anggota Partai Republik juga telah meminta untuk menyelidiki kasus itu. Pada waktu bersamaan, Presiden terpilih Donald Trump mempertanyakan kesimpulan Badan Intelijen AS bahwa Rusia membantu pencalonannya dan mengganggu pencalonan Hillary. Akan tetapi, Rusia membantah telah meretas data tersebut.

Laporan intelijen terkait peretasan itu akan dipresentasikan kepada Obama dan Trump masing-masing hari ini dan besok.

Obama pada Agustus tahun lalu menolak rekomendasi dari para penasihatnya untuk membeberkan keterkaitan Rusia dalam pilpres AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper