Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barack Obama Terus Berjuang Pertahankan Obamacare

Presiden AS Barack Obama menyemangati para wakil rakyat dari Partai Demokrat untuk mempertahankan warisan kebijakannya UU pelayanan kesehatan (Obamacare).
Presiden AS Barack Obama/Reuters
Presiden AS Barack Obama/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama II menyemangati para wakil rakyat dari Partai Demokrat untuk mempertahankan warisan kebijakannya UU pelayanan kesehatan (Obamacare) ketika Partai Republik mulai meluncurkan ambisi lama mereka menganulir kebijakan itu.

Wakil Presiden terpilih Mike Pence menyebut upaya mencampakkan Obamacare ini sebagai perintah pertama  pemerintahan Donald Trump.

Senat membuka debat bagi resolusi untuk menciptakan mosi yang didorong Republik guna mencabut UU yang resmi disebut Affordable Care Act yang dipromosikan Demokrat pada 2010 itu yang telah membantu 20 juta warga AS yang tidak dijamin oleh asuransi kesehatan menjadi mendapat perlindungan asuransi.

Obama yang akan menyerahkan jabatan kepada Trump pada 20 Januari nanti, mengunjungi Capitol Hill untuk mendesak para wakil rakyat Demokrat melindungi Obamacare yang disebut sebagai pencapaian besar kebijakan Obama di dalam negeri.

Partai Republik yang akan mengendalikan kedua kamar di Kongres (DPR dan Senat) dan juga Gedung Putih manakala Trump dilantik nanti, meningkatkan serangan retoris mereka terhadap UU yang mereka sebut  sebagai tindakan terlalu jauh pemerintah itu.

Sebaliknya Demokrat menuduh Republik berusaha mencampakkan sistem pelayanan kesehatan bangsa itu tanpa mempunyai rencana pasti untuk menggantikannya.

"Strategi Republik memangkas pelayanan kesehatan tidak akan membuat Amerika hebat kembali. Itu (sebaliknya) akan membuat Amerika sakit kembali dan mengantarkan kepada kekacauan ketimbang pelayanan yang terjangkau," kata pemimpin Demokrat di Senat, Senator Chuck Schumer, menyitir slogan Trump selama kampanye 'membuat Amerika hebat kembali'.

Sedangkan anggota DPR dari Demokrat, Elijah Cummings, menyatakan Obama "telah mendorong kami untuk berjuang mempertahankan Obamacare.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper