Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi Teror, 1.247 Gereja di Riau Dijaga Ketat

Polda Riau menjaga ketat 1.247 gereja di provinsi itu untuk mengantisipasi terror bom pada perayaan Natal 2016 ini.
Gemal Abdel Nasser P.
Gemal Abdel Nasser P. - Bisnis.com 23 Desember 2016  |  16:33 WIB
Kantor Gubernur Riau - wikipedia
Kantor Gubernur Riau - wikipedia

Kabar24.com, PEKANBARU— Polda Riau menjaga ketat 1.247 gereja di provinsi itu untuk mengantisipasi terror bom pada perayaan Natal 2016 ini.

Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain mengatakan polisi mengamankan gereja secara prepentif dan patroli. Personil yang ditempatkan I setiap gereja juga menghimbau kepada warga setempat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Pengamanan Natal sudah mulai dilakukan mengingat sejumlah daerah sudah memulai ibadah. Personil yang dikerahkan sekitar 6.000 orang. Belakangan ini, aksi terror bom sudah terjadi di beberapa daerah,” katanya, Jumat (23/12/2016).

Zulkarnain merincikan Bengkalis tercatat sebagai kabupaten dengan jumlah gereja terbanyak mencapai 164 gereja. Kemudian Kampar 163 gereja, diikuti Pekanbaru 155 gereja.

Polisi juga akan menjaga 63 tempat perayaan tahun baru. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mawas diri serta menghindari euforia merayakan pergantian tahun secara berlebihan.

Polda Riau juga menngawal aksi organisasi massa Islamyang akan melakukan aksi sweeping ke pada pihak elaku usaha yang mengenakan atribut Natal, meski pemakaian atribut Natal dilarang oleh Majelis Ulama Indonesia. Zulkarnain mengatakan aksi sweeping rentan terjadi tindak pidana. Hal tersebut juga dilaksanakan untuk menjaga keamanan dunia usaha dan menjaga kerukunan umat bergarama.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Riau juga turut mengantisipasi jalur perbatasan Riau-Sumatera Barat menyusul bencana longsor yang sempat terjadi beberapa waktu lalu menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Di situ ada daerah rawan longsor yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Namun terakhir kita periksa sudah kondusif," kata Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Guritno Wibowo.

Meski begitu, ia mengatakan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyiapkan alat berat guna mengantisipasi bencana serupa. Selain itu, Polda Riau juga telah menyiapkan jalur alternatif apabila longsor tetap terjadi hingga petugas harus menutup jalur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau gereja
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top