Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Petisi Online Paling Populer 2016

Petisi online untuk mencabut nobel perdamaian Aung San Suu Kyi menjadi petisi paling popular sepanjang 2016 menurut data Change.org.
Aung San Suu Kyi/Reuters
Aung San Suu Kyi/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Petisi online untuk mencabut nobel perdamaian Aung San Suu Kyi menjadi petisi paling popular sepanjang 2016 menurut data Change.org.

Co-founder Change.org Usman Hamid mengatakan petisi untuk tokoh pemimpin Myanmar tersebut ditandatangani oleh 202.477 netizen. Hal ini menunjukkan adanya perhatian khusus dari pengguna internet di Indonesia terhadap masalah Rohingnya di Myanmar.

“Ini menarik karena petisi terhadap Aung San Suu Kyi ini konteksnya sampai lintas negara,” ujarnya, Kamis (22/12).

Usman melanjutkan petisi yang berkaitan dengan Gubernur Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga menjadi perhatian netizen.

Pada urutan ketua petisi terpopuler misalnya ditempati oleh petisi berjudul ‘Jalankan proses hukum Buni Yani’ yang ditandatangani oleh 163.900, sedangkan di urutan ketiga ada petisi bertajuk ‘Dukung MUI penjarakan Ahok’ yang mendapat perhatian dari 153.827 anggota Change.org.

Petisi lain yang berkaitan dengan Ahok adalah petisi agar Gubernur DKI Jakarta non-aktif tersebut tidak melecehkan ayat Al-Qur’an. Petisi ini ditandatangani oleh 76.508 netizen.

Usman menambahkan polemik Ahok ini memang berhasil membuat banyak netizen bersuara.

Sebelumnya, petisi-petisi yang muncul di Change.org biasanya bertemakan hak asasi manusia, hak konsumen, lingkungan, atau keadilan pidana. Namun, tahun ini tema tentang polemik Ahok justru menjadi yang paling popular.

Change.org sebagai platform petisi online memang berkembang sangat pesat. Pada Juni 2012 anggotanya hanya 8.000 dan berkembang menjadi 3,1 juta member pada Desember 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper