Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FLU BURUNG: 20 Juta Bebek dan Ayam di Korsel Dimusnahkan

Hampir 20 juta bebek dan ayam telah dimusnahkan di Korea Selatan sebab rangkaian flu unggas sangat menular menyebar dengan cepat di seluruh negeri tersebut, kata kantor berita Yonhap pada Selasa (20/12/2016).
Ilustrasi - Flu burung/abcnews.go.com
Ilustrasi - Flu burung/abcnews.go.com

Bisnis.com, SEOUL -  Hampir 20 juta bebek dan ayam telah dimusnahkan di Korea Selatan sebab rangkaian flu unggas sangat menular menyebar dengan cepat di seluruh negeri tersebut, kata kantor berita Yonhap pada Selasa (20/12/2016).

Menurut data dari Kementerian Urusan Pertanian, Makanan dan Pedesaan yang dikutip Yonhap, jumlah unggas yang dimusnahkan karena penularan flu unggas mencapai 19,11 juta hingga Senin (19/12).

Kasus pertama dilaporkan di satu peternakan di Kabupaten Haenam, Provinsi Jeolla Selatan, wilayah di bagian barat-daya negeri itu, pada 16 November.

Jumlah tersebut berarti sebanyak 600.000 ayam dan bebek telah disembelih setiap hari selama satu bulan belakangan, dan jumlah itu diperkirakan bertambah lagi dalam waktu dekat, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa (20/12/2016) siang.

Virus H5N6 menyebar dengan sangat cepat, sehingga 204 peternakan di seluruh negeri tersebut dikonfirmasi sebagai daerah yang terinfeksi.

Itu menandai penularan terburuk dan paling cepat sejak 19,37 juta unggas dimusnahkan selama 669 hari antara 2014 dan 2015 akibat wabah virus H5N8.

Kementerian Pertanian tersebut telah menaikkan tingkat krisis AI ke posisi tertinggi dalam sistem empat tingkat di negeri tersebut.

Harga telur telah melonjak belum lama ini sebab 17,8%  dari seluruh ayam petelur, atau 12,44 juta ayam, telah dimusnahkan karena penularan virus H5N6. Harga telur naik 11% dalam satu pekan belakangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/Xinhua-OANA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper