Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Truk Seruduk Pasar Natal di Berlin, Sembilan Tewas

Sebuah truk menyeruduk sebuah pasar Natal di pusat kota Berlin, Senin malam (19/12/2016) waktu setempat, dan menewaskan sembilan orang serta melukai sekitar 50 orang.
Polisi dan Petugas Gawat Darurat berdiri di salah satu truk yang tertabrak dalam insiden di pasar natal, Berlin, pada Senin (19/12/2016)/Reuters-Fabrizio Bensch
Polisi dan Petugas Gawat Darurat berdiri di salah satu truk yang tertabrak dalam insiden di pasar natal, Berlin, pada Senin (19/12/2016)/Reuters-Fabrizio Bensch

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah truk menyeruduk sebuah pasar Natal di pusat kota Berlin, Senin malam (19/12/2016) waktu setempat, dan menewaskan sembilan orang serta melukai sekitar 50 orang.

Ini adalah salah satu serangan paling maut di Jerman dalam beberapa dekade terakhir.

Lewat Twitter, polisi menyatakan telah menahan seorang tersangka, sedangkan seorang penumpang truk itu ikut tewas ketika truk menabrak orang-orang yang mengelilingi pondok kayu sambil minum anggur dan makan sosis di kaki gereja memorial Kaiser Wilhelm di jantung Berlin barat.

"Kami mendengar suara kencang," kata Emma Rushton, seorang turis, kepada CNN, seperti dikutip Antara dari Reuters, Selasa (20/12/2016). "Kami lihat bagian atas sebuah truk gandeng, lori, ditabrakkan ke kios-kios, ke orang-orang."

Insiden ini mengingatkan kepada serangan di Nice, Prancis, Juli lalu ketika seorang pria kelahiran Tunisia memacu truk berbobot 19 ton di sepanjang jalan di pepantaian, lalu ditabrakkan kepada orang-orang yang tengah berkumpul menyaksikan kembang api pada peringatan Hari Bastille sehingga menewaskan 86 orang. Serangan itu diklaim dilakukan oleh ISIS.

Polisi mengakui bahwa insiden itu adalah serangan yang disengaja.

Melalui juru bicaranya, Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan telah diberi tahu oleh menteri dalam negeri dan wali kota Berlin mengenai situasi di sana.

Polisi mengungkapkan tidak ada indikasi situasi yang jauh lebih membahayakan di tempat kejadian perkara dan mendesak orang-orang menjauh dari sana.

"Saya sangat terguncang oleh kabar mengerikan yang terjadi di gereja memorial di Berlin itu," kata Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier. "Banyak orang yang mengunjungi pasar Natal itu hari ini yang meninggal dunia dan lebih banyak lagi yang cedera."

Truk itu menyeruduk pasar yang saat itu tengah ramai-ramainya. Para orang tua dan anak-anak berkumpul di pondok kayu tradisional yang menjual makanan dan bingkisan Natal pada perayaan tahunan yang umum berlangsung di seluruh Jerman dan sebagian besar Eropa Tengah.

Mobil dan ambulans polisi dengan segera berada di situs kejadian perkara.

Menurut Rushton, truk itu tampaknya dipacu pada kecepatan 65 km per jam. Dia juga mengaku paling sedikit 10 orang luka-luka dalam serangan itu.

Julian Reichelt, pemimpin redaksi Bild Berlin, mengatakan saat ini digelar operasi keamanan besar-besaran.

"Kejadian itu persisnya seperti pengingat untuk apa yang pernah kita lihat di Nice," kata Reichelt seperti dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Reuters, Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper