Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oktober 2016, Kunjungan Wisman Ke Sumbar Naik 25,88%

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat sepanjang Oktober tahun ini mengalami kenaikan sebesar 25,88% dari periode yang sama tahun sebelumnya.
Pantai Kota Padang/Reuters-Darren Whiteside
Pantai Kota Padang/Reuters-Darren Whiteside

Kabar24.com, PADANG— Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat sepanjang Oktober tahun ini mengalami kenaikan sebesar 25,88% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar Dody Herlando menyebutkan per Oktober 2016, kunjungan wisman ke daerah itu melalui pintu Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur mencapai 4.980 orang.

“Ini yang direct ya, naik 25,88% dari tahun lalu yang hanya 3.956 orang. Tetapi yang masuk Sumbar lewat Bali atau Jakarta dulu, saya kira jauh lebih banyak. Jadi tidak dihitung lagi, yang dihitung BPS yang langsung masuk Sumbar dari luar negeri,” katanya, Kamis (1/12/2016).

Pertumbuhan jumlah kunjungan itu juga meningkat 49,59% dari bulan sebelumnya atau dari September 2016 yang hanya 3.329 orang.

Secara keseluruhan total kunjungan wisman ke daerah itu mencapai 39.346 orang atau naik tipis 1,82%.

Adapun, wisman yang mendatangi Sumbar didominasi pelancong asal Malaysia. Apalagi, satu-satunya penerbangan langsung dari Padang ke luar negeri hanya ke Kuala Lumpur, sehingga memang mendongkrak kunjungan dari negara tersebut.

Selain Malaysia, wisman yang mengunjungi Sumbar berasal dari Australia, China, Singapura, Jerman, Perancis, Inggris, Belanda, dan negara-negara lainnya.

Adapun, pemerintah Sumbar menargetkan kunjungan wisman mencapai 70.000 orang tahun ini, mengingat gesitnya upaya pemerintah daerah setempat mengembangkan sektor pariwisata.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sudah meminta Kementerian Perhubungan dan sejumlah maskapai untuk membuka kembali rute Padang – Singapura, serta meminta transit rute  Perth (Australia) – Dubai (UEA) di Bandara Minangkabau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper