Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL POLITIK KORSEL: Presiden Park Akan Hadapi Impeachment

Partai-partai oposisi Korea Selatan menyatakan akan membawa mosi pemakzulan (impeachment) parlemen terhadap Presiden Park Geun-hye pekan depan.
 Park menyangkal telah melakukan kesalahan. /Reuters
Park menyangkal telah melakukan kesalahan. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Partai-partai oposisi Korea Selatan menyatakan akan membawa mosi pemakzulan (impeachment) parlemen terhadap Presiden Park Geun-hye, pekan depan.

“Mosi tersebut akan diajukan hari ini. Kemudian akan dilaporkan ke sidang paripurna pada 8 Desember dan kami akan membawa mosi impeachment untuk pengambilan suara pada 9 Desember,” ujar juru bicara oposisi utama, Partai Demokratik, Ki Dong-min, seperti dilansir Reuters hari ini, (Jumat, 2/12/2016).

Park sendiri sebelumnya telah menawarkan pengunduran dirinya serta meminta parlemen untuk memutuskan bagaimana dan kapan ia harus mundur. Namun, pihak oposisi menolak keinginannya yang dianggap sebagai taktik untuk mengulur waktu dan menghindari proses dakwaan.

Sementara itu, partai Saenuri yang mendukung kepemimpinan Park hingga saat ini masih belum memutuskan apakah akan memaksa Park keluar dari kantor.

Jika Park dipaksa keluar atau mundur, maka ia akan menjadi Presiden Korsel pertama yang dipilih secara demokratis namun tanpa kepemimpinan dalam periode penuh.

Seperti diketahui, Presiden Park tengah berada di bawah tekanan untuk mundur atas tuduhan berkolusi dengan temannya, Choi Soon-sil, dalam hal penggunaan pengaruhnya untuk urusan kenegaraan dan penggalangan dana bagi yayasan yang dibentuk demi mendukung kebijakan-kebijakannya.

Park menyangkal telah melakukan kesalahan, namun tetap menyatakan permintaan maafnya serta kerelaan mengundurkan diri di tengah serangkaian unjuk rasa besar. Protes besar selanjutnya diperkirakan berlangsung akhir pekan ini untuk menuntut pengunduran dirinya dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper