RUU Kebidanan Disahkan Tahun Depan

DPR akan segera mengesahkan RUU Kebidanan pada tahun depan. Saat ini, RUU tersebut telah masuk pada RUU Prioritas Prolegnas pada 2017 mendatang.
Tegar Arief | 02 Desember 2016 11:19 WIB
Ilustrasi: Demo Bidan di Bandung (7/5/2013) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - DPR akan segera mengesahkan RUU Kebidanan pada tahun depan. Saat ini, RUU tersebut telah masuk pada RUU Prioritas Prolegnas pada 2017 mendatang.

Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani menilai RUU ini mendesak pengesahan regulasi ini sangat mendesak, untuk memperbaiki sistem distribusi dan kompetensi bidan.

Pasalnya, hingga saat ini di kawasan Indonesia Timur banyak desa belum memiliki bidan. Kondisi ini dialami oleh 20% desa di Indonesia.

"Artinya, negara belum sepenuhnya hadir memberikan pelayanan persalinan bagi rakyatnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (2/12/2016).

Adapun mengenai kompetensi, DPR sangat menyoroti masalah pendidikan kebidanan. Menurutnya, pemerintah harus lebih selektif dalam menerbitkan izin sekolah kebidanan.

Izin, kata dia, seharusnya hanya diberikan kepada sekolah yang benar-benar memiliki komitmen untuk membantu distribusi atau pemerataan tenaga medis ini.

"RUU Kebidanan ini sangat penting untuk segera disahkan pada 2017, mengingat hingga saat ini masih banyak bidan di Indonesia, namun kurang memiliki kompetensi memadai sebagai bidan," ujarnya.

 

Tag : kesehatan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top