Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Cyber Province 2017, Kaltim Akan Perkuat Fiber Optik

Pemprov Kaltim akan terus mengupayakan agar pembangunan fiber optik dapat terlaksana di seluruh kabupaten atau kota di Kaltim.
Fiber Optic/Ilustrasi
Fiber Optic/Ilustrasi

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemprov Kaltim akan terus mengupayakan agar pembangunan fiber optik dapat terlaksana di seluruh kabupaten atau kota di Kaltim.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Abdullah Sani mengatakan sebagai Cyber Province tahun 2017 dan 2018 difokuskan untuk mengintegrasikan konektivitas jaringan dan aplikasi antar SKPD dengan kantor Gubernur dan antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan membangun infrastruktur fiber optic.

"Dengan terbangunannya fiber optic di Kaltim, maka jajaran SKPD dan BUMD di lingkungan Pemprov Kaltim serta pemkab/pemkot siap memanfaatkan Cyber Province Kaltim dengan sistem aplikasi yang diperlukan sesuai dengan tupoksinya," ujarnya, Senin (21/11/2016).

Fiber optik merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari serat kaca dan digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

Kecepatan transmisi fiber optic sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

"Kecepatan transmisi fiber optic sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. Kelebihan Fiber Optic lainnya adalah Bandwidth yang sangat besar dengan kecepatan transmisi yang bisa mencapai gigabite per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan," kata Abdullah.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Kaltim sebagai salah satu Cyber province memiliki sejumlah manfaat dengan terbangunnya Fiber Optic diantaranya yakni terdapat efesiensi anggaran dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karena tidak semua SKPD mengajukan anggaran di bidang TIK tetapi terkoordinir dan terpadu melalui Diskominfo.

"Selain itu, Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekdaprov Kaltim juga dapat setiap saat dan dimana saja mengakses semua program atau kegiatan dengan Smartphone," ucap Abdullah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper