Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Tambah Fasilitas Bongkar Muat di Banjarmasin

PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kembali menambah fasilitas bongkar muat berupa tiga unit Rubber Tired Gatry (RTG) yang akan mulai beroperasi pada pertengahan November 2016.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANJARMASIN -  PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kembali menambah fasilitas bongkar muat berupa tiga unit Rubber Tired Gatry (RTG) yang akan mulai beroperasi pada pertengahan November 2016.

General Manager PT Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana di Banjarmasin Rabu mengatakan, penambahan tiga unit RTG ini akan meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan.

Menurut Hengky, tiga unit RTG yang tiba di Pelabuhan Banjarmasin dari Tanjung Mas Semarang pada awal November, kini sudah berdiri tegak di dermaga peti kemas Pelabuhan Banjarmasin.

Ketiga RTG dengan kapasitas angkut 25 box/jam per unitnya tersebut akan menambah 11 unit yang telah ada sebelumnya dan pada tahun 2017 akan datang lagi empat unit RTG, sehingga total RTG yang akan dimiliki Pelabuhan Banjarmasin mencapai 18 unit.

"Idealnya cukup 16 unit yang beroperasi melayani aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Banjarmasin saat ini, jadi dua unit akan dicadangkan untuk pengganti bila sewaktu-wasktu ada RTG yang rusak ditengah pekerjaan, sehingga akan menekan keterlambatan pekerjaan yang dapat berimplikasi pada biaya," katanya.

Ketiga RTG tersebut akan mulai beroperasi pada pertengahan November, saat ini masih dalam pemeriksaan dan percobaan biar tidak mengalami kendala saat beroperasi.

Menurut Hengky, peningkatan fasilitas pelabuhan yang kini terus dilakukan Pelindo, sebagai salah satu upaya mengantisipasi peningkatan pertumbuhan ekonomi Kalsel dalam beberapa tahun ke depan.

"Penempatan ketiga unit tersebut akan melihat kondisi kepadatan aktifitas bongkar muat di Pelabuhan," katanya.

Selain mendatangkan RTG, Pelindo Banjarmasin juga telah menyiapkan lapangan penumpukan (Container Yard) seluas 11 hektar, di sekitar Pelabuhan Trisakti yang akan mampu menampung 500-600 ribu kontainer.

Selain itu, Pelindo III Banjarmasin bekerjasama dengan RS PHC Surabaya juga akan membuka Klinik PHC di kawasan Pelabuhan Banjarmasin yang bisa dimafaatkan juga oleh masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper