Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LSPR Choir Raih Grand Champion di Canta Al Mar Festival Coral Internacional

LSPR Choir dibawah asuhan Giovanni Tomasowa (Conductor) dan Renata Tirta Kurniawan (Choreographer) kembali mengukir prestasi berskala internasional dalam The 5th Canta Al Mar Festival Coral Internaciaonal di Calella, Spanyol pada 18-27 Oktober 2016.
LSPR Choir./Bisnis
LSPR Choir./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — LSPR Choir di bawah asuhan Giovanni Tomasowa (Conductor) dan Renata Tirta Kurniawan (Choreographer) kembali mengukir prestasi berskala internasional dalam “The 5th Canta Al Mar Festival Coral Internaciaonal” di Calella, Spanyol pada 18-27 Oktober 2016.

Dalam kompetisi ini, LSPR Choir berhasil menjadi “Campeon de la Categoria” (Grand Champion) kategori POP (Gold Level IV), “Campeon de la Categoria” (Grand Champion) kategori Folklore (Gold Level V) dan pada kategori Jazz, LSPR berhasil meraih Gold Medal Level II.

Deputy Director LSPR Jakarta Imanuel Hutagalung mengatakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) LSPR Jakarta ini berhasil mengalahkan 49 group paduan suara lainnya dari 24 negara dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Interkultur, sebuah lembaga penyelenggara perlombaan choir terkemuka di tingkat dunia.

“Pencapaian kali ini membuat kami mendapatkan sertifikat kualifikasi sekaligus surat undangan untuk berlaga di salah satu kompetisi tertinggi di dunia yaitu Grand Prix of Nations di Riga, Latvia yang akan dilaksanakan Juli 2017 mendatang,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (1/11/2016).

Laga itu, lanjutnya, sangat kompetitif, dimana tidak semua grup choir mendapatkan kesempatan berlaga disana karena hanya group choir yang pernah menjadi Grand Champion, dan tentunya memperoleh undangan dari panitia. Pihaknya mengangkat konsep baru yakni khususnya dalam kategori folklore (cerita rakyat) dan mendapatkan peringkat pertama (GOLD V) dengan point 25,10, disusul oleh Cantabile Girls’ Choir dari Inggris mendapatkan peringkat dua dengan point 24,45 dan Diponegoro University Choir dari Indonesia dengan point 24,15 sebagai peringkat ketiga.

“Kisahnya mengangkat cerita tentang Ibu Pertiwi dengan memperkenalkan perjuangan dan semangat bangsa Indonesia yang dituangkan dalam bentuk cerita dan nyanyian. Ini juga didukung dengan properti yang digunakan adalah tombak merah putih, tameng, dan di akhir cerita tersebut, bendera Indonesia dikibarkan sebagai bukti Ibu Pertiwi memenangkan perjuangan tersebut,” tambah laki-laki yang juga sebagai Chef De Mission LSPR Choir Goes to Spain.

Perlu diketahui, sebelumnya tahun 2011, LSPR Choir berhasil membawa pulang 1 Medali Emas dalam pertandingan “1st Vietnam International Choir Competition Hoi Ann 2011” di Vietnam. Lalu, tahun 2012 berhasil membawa 3 Medali Emas dalam pertandingan “1st Xinghai Prize International Choir Championships Guangzhou (Canton) 2012” di Cina. Sedangkan, tahun 2014, LSPR Choir juga berhasil meraih 3 Medali Silver dan 1 Medali Emas dalam pertandingan “8thWorld Choir Games, Riga-Latvia”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper