Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mutu Pendidikan di Kaltim Diklaim Sudah Merata

Kondisi mutu pendidikan di wilayah yang ada di Provinsi Kalimantan Timur disebut sudah merata.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, SAMARINDA - Kondisi mutu pendidikan di wilayah yang ada di Provinsi Kalimantan Timur disebut sudah merata.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim, Dayang Budiati mengatakan mutu pendidikan sudah merata hingga seluruh wilayah Kaltim.

Hal itu terlihat dari keberhasilan pendidikan seperti rata-rata nilai ujian nasional maupun prestasi di berbagai lomba keterampilan siswa.

"Mutu pendidikan kan sekarang sudah boleh dikatakan merata di 10 kabupaten/kota. Tidak lagi mendominasi  sekolah di wilayah perkotaan," ujarnya seperti yang dikutip, Sabtu (8/10/2016).

Untuk melihat keberhasilan pendidikan terdapat hasil ujian nasional siswa yang sudah merata di seluruh kabupaten/kota.

Nilai tertinggi tidak lagi didominasi sekolah di perkotaan, tapi juga sekolah di pedalaman dan kawasan perbatasan Kaltim.

Kondisi tersebut menunjukan tujuan penyelenggaraan pendidikan nasional mewujudkan pemerataan pendidikan terwujud.

Mengingat ujian nasional berlaku secara nasional, sehingga ketika nilai sekolah di pedalaman setara dengan sekolah di perkotaan menunjukan mutu pendidikannya sama baik secara lokal, regional, maupun nasional.

Demikian pula kalau melihat prestasi siswa mengikuti berbagai lomba sains misalnya lomba olimpiade. Saat ini setiap kabupaten/kota mengirim perwakilannya menjadi peserta, tidak lagi didominasi sekolah perkotaan.

"Kondisi ini tentu menjadi bukti bahwa sudah tidak ada lagi kesenjangan mutu pendidikan antar kabupaten/kota se Kaltim," katanya.

Itu sebabnya, program-program penunjang peningkatan mutu pendidikan akan terus dilanjutkan. Baik program peningkatan kapasitas guru, maupun program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) yang akan terus dilanjutkan hingga akhir pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kaltim 2013 – 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper