Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bj Habibie minta ILUNI UI Bersinergi dengan Alumni PTN Lain

Mantan Presiden ke 3 Republik indonesia yang Juga pakar pesawat terbang dunia Prof Dr Ing. BJ Habibie meminta para lulusan Universitas Indonesia yang tergabung dalam Kepengurusan ILUNI UI (Alumni Universitas Indonesia) meningkatkan sinergi dengan alumni perguruan tinggi negeri lain
Presiden RI ke-3 BJ Habibie/JIBI-Dedi Gunawan
Presiden RI ke-3 BJ Habibie/JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA.- Mantan Presiden ke 3 Republik indonesia yang Juga pakar pesawat terbang dunia Prof Dr Ing. BJ Habibie meminta para lulusan Universitas Indonesia yang tergabung dalam Kepengurusan ILUNI UI (Alumni Universitas Indonesia) meningkatkan sinergi dengan alumni perguruan tinggi negeri lain yang sebelumnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia (UI) untuk memfokuskan kegiatannya di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Alasannya, kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh sumberdaya manusia yang berkualitas bukan oleh sumber daya alamnya. Pernintaan BJ Habibie tersebut disampaikan dalam silaturahim dan diskusi dengan perwakilan jajaran pengurus ILUNI UI periode 2016-2019 dipimpin ketua umumnya Arief Budhy Hardono, kemarin di kediaman mantan Presiden BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan Jakarta Selatan.

Pengurus ILUNI UI yang hadir dalam diskusi tersebut antara lain Eman Sulaeman Nasim, Taufik Jaman, Endang Mariani, Sabar Sundarelawan, Andre Rahardian, Ahmad Fathul Bari, Didit Ratam, dan Gari Primananda. Sementara Habibie ditemani putra keduanya, Tarek Habibie.

"ILUNI UI merupakan satu satunya organisasi intelektual yang memiliki banyak jaringan. Sebab perguruan tinggi negeri yang hebat lainnya dulu merupakan bagian dari UI. Karena itu ILUNI UI harus bersinergi dengan alumni perguruan tinggi negeri lainnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Masa depan bangsa Indonesia harus mengandalkan sumber daya manusia yang berkualitas. Bukan lagi sumber daya alam," papar BJ Habibie sebagaimana dikutip Ketua ILUNI UI bidang Komunikasi Eman Sulaeman Nasim usai diskusi antara Pengurus ILUNI UI dengan Mantan Presiden RI,Prof Dr. BJ Habibie

Mantan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie, menyebutkan beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang sebelumnya merupakan bagian dari UI adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) sebelumnya bernama Fakultas Teknik UI, Institut Petanian Bogor (IPB) sebelumnya bernama Fakultas Pertanian dan Fakuktas Kedokteran Hewan UI, Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar sebelumnya merupakan Fakultas Ekonomi UI dan universitas Airlangga (Unair) Surabaya sebelumnya bernama Fakultas Kedokteran Gigi UI. Habibie sendiri mengaku dirinya dulu kuliah di Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Bandung yang sekarang bernama ITB .

Dia juga mengaku selama hidupnya hanya memiliki 2 kartu mahasiswa.UI dan Archen.Di UI Habibie kuliah selama 6 bulan sebelum melanjutkan kuliahnya di Archen Jerman. "Misi ILUNI UI adalah mensukseskan semua program yang mengembangkan sumber daya manusia di semua bidang. Baik bidang tekonologi, kedokteran, keuangan, manajemen maupun komunikasi atau bidang lainnya. Anda harus berkonsentrasi untuk menghasilkan manusia-manusia yang berdaya unggul.

ILUNI UI harus menjadi ujung tombak untuk memgembangkan sumberdaya manusia yang berkualitas. "pinta Habibie. Selain itu, Habibie juga meminta ILUNI UI maupun UI bersama alumni perguruan tinggi lainnya menggalakan pemakaian dan kecintaannya pada produksi dalam negeri.

Dengan menggunakan produksi dalam negeri berarti kita.menghargai kreatifitas dan hasil karya bangsa kita sendiri. Sekaligus juga membeli jam kerja tenaga kerja bangsa Indonesia. Bukan jam kerja tenaga kerja asing. Selain menjalin kerjasama dg para alumni PTN yang berasal dari UI, Habibie juga meminta ILUNI UI menjalin kerjasama dengan alumni Universitas Gadjah Mada ( UGM). Sebab UGM merupakan satu satunya perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh Presiden Soekarno di masa perjuangan kemerdekaan di saat Pemerintahan Republik Indonesia sedang pindah ke Jogjakarta.

"UI dan ILUNI UI harus bersinergi dengan UGM (dan alumni UGM) dan harus mau sama sama berjuang dan bersainf dalam hal peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia, "papar Habibie sebagaimana dikutip juru bicara ILUNI UI yang juga dosen komunikasi UI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper