Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO HAJI: 138 WNI Calhaj Berpaspor Filipina Dibebaskan

Sebanyak 138 orang dari 177 warga negara Indonesia yang menggunakan paspor Filipina untuk menunaikan ibadah haji telah dibebaskan dari rumah detensi imigrasi Filipina sebelum dipindahkan ke Kedutaan Besar RI di Manila hari ini.
Jemaah calon haji. /Antara-Aloysius Jarot Nugroho
Jemaah calon haji. /Antara-Aloysius Jarot Nugroho

Kabar24.com, JAKARTA - Sebanyak 138 orang dari 177 warga negara Indonesia yang menggunakan paspor Filipina untuk menunaikan ibadah haji telah dibebaskan dari rumah detensi imigrasi Filipina sebelum dipindahkan ke Kedutaan Besar RI di Manila hari ini.

Sedangkan 39 WNI lainnya masih berada di rumah detensi imigrasi dan akan menyusul dipindahkan ke KBRI Manila beberapa jam kemudian, ujar Direktur Perlindungan WNI dari Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal 

Iqbal mengatakan proses pemindahan dapat dilakukan setelah KBRI mendesak Kementerian Kehakiman Filipina memberi ijin dengan mempertimbangkan ketersediaan fasilitas yang lebih memadai di KBRI.

“Pemindahan baru dapat dilakukan setelah KBRI memberi letter of guarantee pada 25 Agustus,” ujar Iqbal sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Jumat (26/8/2016).

Meski sudah dipindahkan ke KBRI Manila, WNI tersebut belum bisa langsung dipulangkan ke Indonesia. Pasalnya, pejabat dari Kementerian Kehakiman RI direncanakan akan berkunjung ke KBRI Manila untuk melihat 177 WNI dan meninjau kasus mereka.

“KBRI terus menekankan bahwa para WNI adalah korban dan karena itu agar disegerakan pemulangannya, kecuali beberapa orang yang kemungkinan diharapkan dapat hadir sebagai saksi korban di persidangan nantinya,” ujar Iqbal.

Sebanyak 177 WNI tersebut ditangkap pada 19 Agustus lalu di Bandara Internasional Manila saat akan bertolak menuju Arab Saudi guna menunaikan ibadah haji. Mereka terbukti menggunakan paspor Filipina demi memanfaatkan kuota haji Filipina mengingat kuota haji Indonesia sangat terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper