Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terinspirasi Pokemon Go, Kepala Sekolah Ini Kembangkan Permainan Berburu Buku

Terinspirasi dari suksesnya permainan Pokemon Go, seorang kepala sekolah di Belgia mengembangkan permainan mencari buku.
Demam Pokemon GO/Reuters
Demam Pokemon GO/Reuters

Kabar24.com,JAKARTA— Terinspirasi dari suksesnya permainan Pokemon Go, seorang kepala sekolah di Belgia mengembangkan permainan mencari buku.

Dalam beberapa minggu setelah diluncurkan, permainan ini diklaim telah menarik ribuan perhatian pemai.

Jika permainan Pokemon Go mengandalkan GPS dan kamera untuk mencari lokasi monster virtual di dunia nyata, permainan versi Aveline Gregoire ini dimaninkan melalui kelompok Facebook yang disebut Chasseurs de livres (pemburu buku).

Para pemain akan membagikan gambar buku dan petunjuk tentang di mana mereka menyembunyikan buku tersebut sementara pemain lain akan memburu buku sesuai petunjuk. Setelah menemukan buku dan selesai membacanya, mereka akan kembali menyembunyikan buku tersebut dan member petunjuk.

“Ketika sedang merapikan perpustakaan saya, saya menyadari tidak memiliki tempat yang cukup untuk semua buku-buku itu. Setelah bermain Pokemon Go dengan anak saya, ide saya untuk menempatkan buku-buku tersebut di alam pun muncul,” katanya seperti dikutip Reuters, Jumat (26/8/2016).

Meskipun permainan ini baru dimulai beberapa minggu lalu, sekitar 40.000 orang disebut telah mengikuti akun Facebook Gregoire.

Buku-buku yang disebar bervariasi mulai dari buku untuk anak-anak hingga cerita horror tulisan Stephen King. Buku-buku tersebut ditempatkan di sejumlah titik di beberapa kota dan pedesaan di Belgia. Buku-buku tersebut dibungkus menggunakan plastik bening agar tidak basah oleh hujan.

 “Keluarga Detournay dari sebuah kota di selatan Belgia menyebutkan permainan tersebut telah menjadi bagian dari rutinitas mereka di pagi hari. Mereka menemukan empat buku dan menempatkan empat buku lain agar bisa ditemukan orang lain.

“Putri saya berkata hal ini sama seperti kegiatan mencari telur paskah,” kata Jessica Detournay.

Ketika mereka kembali kerumah, mereka menerima pemberitahuan di Facebook bahwa seseorang telah menemukan dua buku mereka.

Gregoire saat ini mempertimbangkan untuk mengembangkan  permainan tersebut dan menciptakan aplikasi untuk permainan ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper