Waduh, Anak Baik-Baik Jadi Incaran Bandar Narkoba

Kini ada kecenderungan bandar narkoba memanfaatkan anak-anak baik sebagai pengguna maupun sebagai kurir sehingga orang tua perlu lebih waspada.
Newswire | 21 Agustus 2016 16:35 WIB
Ilustrasi: Sejumlah warga mengikuti deklarasi Kabupaten Semarang Bebas Narkoba di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah - Antara

Kabar24.com, MAKASSAR - Nampaknya ini bukan kabar yang menyenangkan bagi para orang tua dari anak-anak yang selama ini dikenal baik.

Kini ada kecenderungan bandar narkoba memanfaatkan anak-anak baik sebagai pengguna maupun sebagai kurir sehingga orang tua perlu lebih waspada.

Paling tidak, begitulah yang disampaikan Kepala Biro Bina Napza dan HIV AIDS Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) Sri Endang Sukarsih.

"Modus bandar dan pengedar harus dipelajari, mereka memanfaatkan anak-anak, karena anak-anak paling tidak dicurigai," kata Sri yang ditemui di Makassar, Minggu (21/8/2016).

Sri mengatakan anak-anak diangap sebagai pihak yang lemah, sehingga kurang dicurigai, celah inilah yang dimanfaatkan oleh para bandar dan pengedar narkoba.

"Siapa yang menyangka anak anak kecil yang jadi kurir narkoba," ujarnya.

Di sisi lain, anak-anak juga rentan menjadi korban karena adanya budaya ikut-ikutan dalam.pergaulan anak dan remaja.

"Ada yang merasa hebat atau 'mau tong dibilang' sehingga memakai narkoba," ungkapnya.

Karenanya, Sri mengimbau agar orang tua lebih waspada terhadap pergaulan dan tumbuh kembang anak-anaknya.

"Kadang kita melihat anak itu lemah, padahal dengan handphone di tangan, anak-anak dengan mudah bisa mengakses informasi apa pun," jelasnya.

Orang tua diharapkan mampu memberikan ketahanan karakter yang lebih baik bagi anak anaknya, apalagi sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di rumah.

"Upaya mencegah harus lebih baik, sekolah juga harus ada permainan yang membuat anak-anak merasa narkoba sangat seram," ucapnya.

Sumber : Antara

Tag : narkoba
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top