Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengalihan Aliran Sungai Keser ke Bendungan Tugu Diresmikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempercepat program pembangunan infrastruktur sumber daya air di daerah Trenggalek dengan meresmikan pengalihan aliran sungai Keser di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempercepat program pembangunan infrastruktur sumber daya air di daerah  Trenggalek dengan meresmikan pengalihan aliran sungai Keser di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Mudjiadi mengatakan Mudjiadi yang hadir untuk meresmikan pengalihan aliran Sungai Keser tersebut, menyampaikan bahwa pembebasan lahan untuk bendungan ini telah terlaksana dengan baik. Dia melanjutkan setelah melakukan ground breaking pada 29 Januari 2014 lalu, pembangunan Bendungan Tugu pun memasuki tahap kedua yaitu pengalihan diversion terhadap aliran Sungai Keser.

Mudjiadi menuturkan proses pembangunan Bendungan Tugu telah melalui beberapa tahap studi sejak 1984. Dia melanjutkan pembangunan bendungan ini merupakan kegiatan pengembangan Sub Basin Kali Ngrowo yang merupakan rangkaian Kegiatan Pengembangan Wilayah Kali Brantas yang memanfaatkan aliran sungai Kali Keser. Kali Keser merupakan salah satu sumber air yang tersedia dan sangat potensial untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Bendungan Tugu merupakan 1 dari 65 waduk yang akan diselesaikan pada masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Saya harap Bapak Bupati dan jajarannya tetap melakukan konservasi terhadap hutan yang termasuk dalam daerah tangkapan hujan agar endapan tanah yang masuk ke bendungan semakin sedikit dan umur bendungan semakin lama,” ungkapnya seperti yang dikuip dari keterangan resminya Jumat (19/8)

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu wilayah di Pulau Jawa yang masih memiliki sedikit prasarana sumber air seperti reservoir atau fasilitas bendungan, sementara kebutuhan akan air baku terus meningkat ditambah kondisi global climate change yang bisa menimbulkan banjir dan kekeringan yang berkepanjangan.

“Pembangunan Bendungan Tugu merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dalam merealisasikan program pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kami sudah memberikan kompensasi yang sesuai dengan Undang-Undang terhadap warga yang terkena dampak dari pembangunan bendungan ini,” terang Emil Dardak selaku Bupati Trenggalek dalam sambutannya.

Curah hujan yang tinggi dan kondisi tanah pegunungan yang kurang meresap air, menyebabkan beberapa daerah di Kabupaten Trengalek mengalami banjir. Dengan tersedianya Bendungan Tugu, maka tampungan air akan semakin banyak, sehingga kebutuhan akan air bisa terpenuhi dan bencana banjir dapat dihindari, tambah Emil.

Mudjiadi menambahkan bahwa perlu dibuat anjungan yang menyediakan museum tentang proses pembangunan Bendungan Tugu dari awal hingga selesai. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper