Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita dari KBRI Baku Saat HUT Kemerdekaan RI Ke-71 di Azerbaijan

Jauh dari tanah air, bukan berarti semangat mengibarkan merah putih jadi pupus. Justru makna kemerdekaan bisa semakin bergema ketika tengah merantau.
Pengibaran Sang Saka Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, di Istana Kepresidenan, di Jakarta, Rabu (17/8/2016)./REUTERS-Darren Whiteside
Pengibaran Sang Saka Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, di Istana Kepresidenan, di Jakarta, Rabu (17/8/2016)./REUTERS-Darren Whiteside

Kabar24.com, JAKARTA - Jauh dari tanah air, bukan berarti semangat mengibarkan merah putih jadi pupus. Justru makna kemerdekaan bisa semakin bergema ketika tengah merantau.

Antusiasme untuk ‘guyub’ bersama para WNI di ibu kota Azerbaijan, Baku, justru semakin kental. Jauh sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai kegiatan dilakukan oleh Perwakilan Indonesia di Baku.

Uniknya perayaan ini tak hanya diramaikan oleh WNI yang berada di Baku tapi juga warga negara asing yang sudah menjadi sahabat dan menjalin relasi dengan para WNI di sini.

Ini merupakan salah satu upaya KBRI Baku untuk menjadikan momen Agustusan sebagai ajang pemersatu WNI di Baku, sekaligus untuk mempererat hubungan dengan warga lainnya yang tinggal di Baku.

Dimulai dengan perlombaan bowling, yang diadakan pada 24 Juli 2016 lalu. Peserta perlombaan bowling ini datang dari berbagai warga negara.

Sebagai pemenang pertama kategori pria adalah mahasiswa asal Turkmenistan, sedangkan untuk juara kedua putri dimenangkan oleh mahasiswa Azerbaijan dari Pusat Studi Indonesia, Azerbaijan University of Languages. Pada perlombaan ini, Duta Besar Kerajaan Malaysia untuk Azerbaijan juga hadir sebagai peserta.

Selang seminggu, KBRI Baku mengadakan pertandingan tenis meja juga permainan scrabble, kartu remi, dan domino. Pertandingan ini diadakan selama dua hari berturut-turut di Wisma Duta.

Sambil bermain, para peserta tampak akrab dengan saling berbincang-bincang.  Tentu hal ini menambah keakraban di antara warga Indonesia sendiri maupun dengan warga masyarakat lainnya yang berpartisipasi. 

Sebagai penutup rangkaian pertandingan dalam rangka semarak HUT RI ke-71 ini, KBRI Baku mengadakan kegitatan permainan rakyat dan turnamen futsal untuk memperebutkan The Ambassador Cup di kompleks stadion Futsal Azfar Group. 

“Antusiasme warga dan Friends of Indonesia di Baku sangat baik. Partisipasi berbagai masyarakat, tidak hanya dari Azerbaijan tapi juga dari negara-negara lain seperti Malaysia, Turki, Arab Saudi, Chad, Peru dan Yaman menunjukkan persahabatan yang erat antara Indonesia dengan berbagai bangsa di Azerbaijan,” kata Dubes RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie. 

“Hal ini juga nenunjukkan peran aktif Perwakilan Indonesia di Baku dalam people-to-people diplomacy.” 

Pada hari Kemerdekaan RI ke-71, sejak pukul 10.00 pagi acara dimulai dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Upacara berlangsung khidmat sekaligus mengharukan, mengingatkan bahwa kami tak sedang berdiri di tanah air yang kami cintai. Pidato Dubes RI pagi itu, menyatakan bahwa kemerdekaan kita sekarang adalah untuk menjawab tantangan zaman dalam konteks global, tiap individu Indonesia harus mampu mandiri dan berkontribusi bagi bangsa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper