Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO HAJI: Inilah Layanan Bis Eksekutif bagi Jemaah Indonesia

Menempuhperjalanan sekitar 7 jamdari kota Madinah ke Mekah, dibawah terik matahari dengan suhu lebih dari 45 derajat celsius, bisa jadi sesuatu yang melelahkan dan membosankan, bahkan bisa memicu kelemahan fisik dan psikis jemaah haji.
Deretan bis eksekutif siap melayani jemaah haji asal Indonesia. /kemenag
Deretan bis eksekutif siap melayani jemaah haji asal Indonesia. /kemenag

Kabar24.com, MEKKAH - Menempuhperjalanan sekitar 7 jamdari kota Madinah ke Mekah, dibawah terik matahari dengan suhu lebih dari 45 derajat celsius, bisa jadi sesuatu yang melelahkan dan membosankan, bahkan bisa memicu kelemahan fisik dan psikis jemaah haji.

Namun, dengan pelayanan maksimal yang diberikan Pemerintah, jemaah haji tahun 1437H akan terasa nyaman dengan layanan bis eksekutif. Itulah kira-kira yang akan dirasakan jemaah haji asal Indonesia.

Subchan Cholid, Kepala Bidang Transportasi PPIH Saudi Arabia, bercerita soal fasilitas bis antar kota perhajian yang bisa membuat jemaah haji nyaman selama perjalanan ke kota suci.

"Semua bis untuk jemaah haji Indonesia ini telah diupgrade dari layanan standar naqabah (perusahaan jasa layanan transportasi)", terang Subchan saat meninjau persiapan transportasi di poll bis di Madinah, Selasa (16/9/2016).

Melihat sekilas saja, dari penampakan bis cukuplah dapat memberikan penilaian fasilitas di dalamnya. Dengan rata-rata umur 5 tahun, bis mewah ini dilengkapi dua pintu masuk untuk penumpang di sisi kanan, bagasi dan kapasitas 45 tempat duduk.

1. Tempat Duduk

Saat memasuki bis, terlihat tempat duduk nyaman dua dua berjajar. Terbuat dari bahan berkualitas, terasa empuk saat diduduki, dan desain ergonomis lengkap dengan sabuk keselamatan untuk kenyamanan jemaah selama perjalanan. Jarak antar tempat duduk yang longgar memungkinkan kaki dapat bergerak leluasa selama duduk.

Di bagian bawah terdapat sandaran kaki dan sandaran tangan disamping dapat diatur sesuai kebutuhan. Bagian depan ada kantung yang menempel dengan kursi depan, untuk menyimpan minuman atau makanan. Selain itu ada meja kecil dapat dilipat, dapat digunakan sewaktu-waktu memerlukan.

Di bagian atas tempat duduk, terdapat kabin untuk menyimpan barang bawaan, lampu penerangan dan lubang pendingin yang dapat diatur menurut kebutuhan.

2. Minuman Dingin

Dilengkapi dengan kulkas, bis ini menyediakan minuman dingin gratis untuk jemaah haji sepanjang perjalanan. Jika membawa minuman sendiri, tempat ini bisa digunakan untuk menyimpan agar menjadi dingin dan segar saat diminum.

3. Toilet

Jemaah tak perlu resah soal buang air kecil ataupun air besar sepanjang perjalanan. Terletak di dekat pintu tengah, bis ini telah dilengkapi toilet guna memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk menjangkaunya, jemaah mesti menuruni beberapa anak tangga layaknya keluar dari bis. Meskipun didesain minimalis, toilet ini tergolong lengkap. Terdapat WC duduk, shower, wastafel dan blower yang membuat toilet tetap segar.

4. Hiburan

Dilengkapi dua televisi layar datar berukuran 12 inci, sepanjang perjalanan jemaah akan ditemani tayangan video tentang sejarah Islam dan wacana ibadah lainnya seputar haji untuk menambah pengetahuan.

5. Charger Handphone

Baterai handphone kritis? Tidak masalah. Sebab disetiap kursi penumpang dilengkapi colokan USB untuk menambah daya baterai.

6. Layanan Bagasi

Di bagian bawah bis, terdapat bagasi yang cukup lega untuk mengangkut seluruh koper jemaah. Sehingga jemaah tak perlu khawatir akan ketinggalan atau terpisah dari kopernya.

7. Layanan Keluhan Penumpang

Guna memberikan kenyamanan bagi jemaah selama perjalanan, telah disiapkan sopir-sopir handal dan berpengalaman. Namun demikian bila jemaah merasa kurang nyaman terhadap seluruh layanan, bisa segera melaporkan keluhan ke nomor 050 893 2700 atau 053 647 4591. Nomor tersebut tertera di bagian depan bis, yang terlihat secara jelas dari tempat duduk. Setiap keluhan akan langsung ditanggapi dan menjadi bahan evaluasi terhadap kontrak dengan penyedia jasa transportasi.

Ada empat perusahaan penyedia jasa transportasi yang dipercaya Pemerintah Indonesia untuk melayani jemaah. Perusahaan tersebut adalah Saptco, Rawahel, Rabitat Makkah, dan Qawafil. Subchan berharap tidak ada kendala operasional transportasi yang dapat mengganggu kekhusuan jemaah dalam beribadah.

Inilah Layanan Bis Eksekutif bagi Jemaah Haji Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Kemenag.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper