Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILKADA DKI 2017: Tiga Balon Perseorang Daftar Besok, Kata KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mengatakan sebanyak tiga pasangan bakal calon perseorangan untuk pemilihan kepala daerah DKI pada 2017 yang mengonfirmasi akan mendaftarkan diri pada Minggu (7/8/2016).
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 06 Agustus 2016  |  20:15 WIB
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan (kiri), politisi PDIP Eva Sundari (kedua kiri), politisi Partai Nasdem Akbar Faizal (kedua kanan), dan politisi Partai Gerindra Habiburahman (kanan) menjadi pembicara dalam penyampaian hasil survei SMRC terkait Pilkada DKI: Ahok dan Para Penantangnya untuk DKI-1 di Jakarta, Rabu (14/10). - Antara
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan (kiri), politisi PDIP Eva Sundari (kedua kiri), politisi Partai Nasdem Akbar Faizal (kedua kanan), dan politisi Partai Gerindra Habiburahman (kanan) menjadi pembicara dalam penyampaian hasil survei SMRC terkait Pilkada DKI: Ahok dan Para Penantangnya untuk DKI-1 di Jakarta, Rabu (14/10). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mengatakan sebanyak tiga pasangan bakal calon perseorangan untuk pemilihan kepala daerah DKI pada 2017 yang mengonfirmasi akan mendaftarkan diri pada Minggu (7/8/2016).

"Yang sudah sampai ke saya konfirmasinya ada tiga pasang bakal calon untuk besok. Menurut informasi yang kami terima, ada yang akan datang mulai pukul 09.00 WIB," kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno, Jakarta, Sabtu (6.

Dia mengatakan bakal calon tersebut akan datang ke KPU dengan membawa ribuan pendukung.

"Yang satu membawa pendukung 10 ribu orang, yang satu bawa lima ribu orang, yang satu lagi datang dengan ribuan orang," tuturnya.

Sumarno mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk melakukan pengamanan dalam mengantisipasi kemungkinan datangnya ribuan massa itu pada hari terakhir pendaftaran.

Sementara itu, belum ada calon yang terverifikasi pada Sabtu yang merupakan hari kedua menjelang berakhirnya masa pendaftaran untuk penerimaan syarat dukungan bakal calon perseorangan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 2017.

"Besok hari terakhir penerimaan dokumen dukungan calon perseorangan," katanya.

Pada hari ini, sekitar tiga bakal calon pasangan yang mendatangi KPU Provinsi DKI Jakarta untuk sekadar menanyakan seputar proses pendaftaran untuk mencalonkan diri sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI.

Namun, beberapa di antara mereka belum mendaftarkan diri karena tidak membawa berkas dukungan dan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.

Ada juga bakal calon yang membawa hanya 200 KTP. Mereka belum memenuhi syarat pencalonan diri untuk gubernur dan wakil gubernur DKI melalui jalur independen atau perseorangan, yakni menyerahkan dokumen bukti dukungan minimal 532.213 KTP dari masyarakat Jakarta.

Meski demikian, bakal calon dapat terus berusaha melengkapi persyaratan yang ditetapkan hingga penutupan pendaftaran jalur perseorangan itu.

"Sampai hari keempat pendaftaran belum ada bakal calon pasangan perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan untuk diverifikasi KPU," ujarnya.

KPU DKI Jakarta pada 3-7 Agustus 2016 mengagendakan penerimaan syarat bakal pasangan calon perseorangan berupa KTP.

Pendaftaran dukungan tersebut dilakukan di kantor KPU DKI Jakarta yang berada di Jalan Salemba Raya nomor 15, Jakarta Pusat, serta dibuka sejak pukul 8.00 WIB-16.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpud Pilkada DKI 2017

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top