Jumlah Wisatawan Bakal Tembus 3,5 juta

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Banten sepanjang semester I/2016 mampu menembus 3,5 juta orang.
Amanda Kusumawardhani | 02 Agustus 2016 11:11 WIB
Pulau Peucang tempat berwisata air di Banten - Indonesia Travel

Bisnis.com, TANGERANG — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Banten sepanjang semester I/2016 mampu menembus 3,5 juta orang.

Hal tersebut dipicu oleh jumlah kunjungan pada tahun lalu yang mencapai 14,13 juta orang yang meliputi wisatawan nusantara sebanyak 14 juta dan wisatawan mancanegara 127.000 orang.

“Angka pastinya masih belum dihitung karena kami masih mengumpulkan data dari masing-masing kabupaten/kota. Angka itu akan semakin meningkat signifikan ketika mendekati akhir tahun,” kata Kepala Disbudpar Opar Suhari kepada Bisnis, Selasa (2/8/2016).

Keoptimisan tersebut didukung oleh mulai menggeliatnya industri pariwisata lokal, percepatan pembangunan infrastruktur strategis, dan kehadiran kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Lesung. Sepanjang tahun ini, Disbudpar Banten menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domesti masing-masing 5% dan 10% pada tahun ini.

Dirinya mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan setidaknya 20 agenda pariwisata yang diarahkan ke wisata bahari dan sejarah budaya antara lain Festival Tanjung Lesung, Beach Banten Festival, Seren Taun, Festival Cisadane, dan Seba Baduy.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Disbudpar Banten Ahmad Sapta Gumelar mengungkapkan destinasi wisata yang paling favorit masih didominasi oleh pantai, lalu wisata religi, dan wisata belanja di Tangerang Raya. “Kalender wisata selalu kami perbarui tiap tahun,” ungkapnya.

Tag : banten
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top