Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Integrasi Sistem Keuangan, Empat Negara Amerika Latin Ini Bersatu

Empat presiden negara Amerika Latin dari blok aliansi Pasifik melakukan pertemuan untuk melakukan integrasi sistem keuangan dan simbolisasi untuk meningkatkan proteksionisme.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Empat presiden negara Amerika Latin dari blok aliansi Pasifik melakukan pertemuan untuk melakukan integrasi sistem  keuangan dan simbolisasi untuk meningkatkan proteksionisme.

Empat negara Amerika Latin itu terdiri dari Kolombia, Meksiko, Chili, dan Peru. Keempat negara itu tercatat berkontribusi 38% terhadap pendapatan domestik bruto kawasan Amerika Latin. Dalam kawasan Amerika Latin, 92% perdagangan antara negara anggota dibebaskan dari bea masuk.

Michele Bachele, Presiden Chili, mengatakan mungkin langkah empat negara Amerika Latin ini berlawanan dengan yang tengah hangat terjadi di Inggris terkait Brexit dan ramainya dukungan Amerika Serikat untuk Donald Trump.

"Ini adalah kerja sama bagi bangsa yang sederhana dan ditinggalkan oleh globalisasi dan yang juga banyak tinggal di daerah pedesaan," ujarnya seperti dilansir Reuters pada Sabtu (2/7).

Dia melanjutkan bersama tiga negara lainnya, dirinya menguraikan tentang pentingnya integrasi, tetapi harus tetap terfokus terhadap kesejahteraan sosial, peningkatan dan kemakmuran bersama sebagai elemen kuncinya.

"Dengan integrasi sistem keuangan ini setidaknya diharapkan bisa meningkatkan 1 sampai 2 poin persentase pertumbuhan PDB dalam beberapa dekade mendatang," lanjutnya.

Para pemimpin keempat negara itu pun sepakat dalam konferensi yang menyangkut integrasi keuangan tersebut. Keempat negara itu berharap kerjasama itu bisa memacu investasi infrastruktur dan membuka pilihan untuk dana investasi publik di kawasn tersebut.

Juan Manuel Santos, Presiden Kolombia mengatakan jika keempat negara itu mengganggap dirinya hanya satu neara, satu pasarm maka akan membuat kemudahan untuk instrumen investasi seperti dana pensiun dan lainnya.

"Misalnya, saya berinvestasi di Meksiko atau Chili, itu seolah-olah saya berinvestasi di Kolombia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper