Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2016: Waspadai Banjir Di Daerah Sampang, Jawa Timur

Ancaman banjir dan longsor terus mengintai saat mudik dan lebaran 2016.Salah satunya di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan hal ini disebabkan anomali cuaca dan pengaruh La Nina yang menyebabkan curah hujan di atas normal.
/Ilustrasi-JIBI Photo
/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA--Ancaman banjir dan longsor terus mengintai saat mudik dan lebaran 2016, salah satunya di Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan hal ini disebabkan anomali cuaca dan pengaruh La Nina yang menyebabkan curah hujan di atas normal.

"Harusnya sudah musim kemarau tetapi saat ini seperti musim penghujan dengan curah hujan masih terus meningkat," ujarnya Sabtu (2/7/2016).

Akibatnya Sungai Kamuning meluap dan menyebabkan banjir di Kota Sampang pada hari ini pukul 08.15 WIB.

Banjir luapan Kali Kamuning sampai saat ini telah menggenangi sebagian 5 desa dan 2 Kelurahan yaitu Desa Kamuning, Pasean, Tanggumung, Panggung, Gn.Maddah, Kelurahan Dalpenang dan Rongtengah dengan ketinggian berkisar 50 Cm s/d 100 Cm.

"Jika tidak ada curah hujan tambahan pada hari ini diperkirakan air akan surut sore hari sekitar pukul 16.00 WIB," lanjutnya.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa. Akibat banjir ini akses jalan dari Kota Sampang ke arah Kecamatan Omben sementara ditutup.

BPBD Kabupaten Sampang bersama unsur terkait melakukan penanganan darurat. Belum ada pengungsian.

Sutopo juga mengimbau kepada masyarakat  untuk hati-hati karena diperkirakan selama mudik lebaran dan mudik hujan masih tinggi khususnya di Jawa.

"Waspadai jalan licin, banjir, longsor dan pohon tumbang. Selalu cermati kondisi cuaca setempat. Jika lelah sebaiknya istirahat di tempat yang aman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper