Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BOM BUNUH DIRI TURKI: Tak Ada Korban WNI

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memastikan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi korban serangan teror yang diakhiri dengan ledakan bom bunuh diri di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki, Selasa (28/6/2016) malam waktu setempat atau Rabu (29/6/2016) dini hari WIB.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Antara
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memastikan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi korban serangan teror yang diakhiri dengan ledakan bom bunuh diri di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki, Selasa (28/6/2016) malam waktu setempat atau Rabu (29/6/2016) dini hari WIB.

"Berdasarkan informasi yang kita peroleh, dari kedua perwakilan kita (di KBRI Ankara dan KJRI Istanbul) diperoleh informasi bahwa sampai saat ini tidak terdapat WNI yang menjadi korban," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Dikatakan, pagi ini dia telah berkomunikasi secara langsung dengan Ketua PPI di Turki, yang juga menginformasikan bahwa sejauh ini tidak diperoleh informasi adanya korban WNI.

Setelah kejadian, dia menambahkan Wakil Konsulat Jenderal Republik Indonesia Istanbul telah berada di Bandarat Ataturk, mendatangi beberapa rumah sakit, dan berkoordinasi dengan otoritas keamanan setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih baik mengenai kemungkinan-kemungkinan adanya korban WNI.

"Pemerintah juga pada kesempatan ini ingin mengingatkan kepada seluruh WNI yang ada di Turki untuk menjaga keamanan pribadi, meningkatkan kewaspadaan, dan menghindari tempat-tempat keramaian yang dapat menjadi target teror, serta mengikuti informasi dan aturan yang disampaikan oleh otoritas keamanan setempat," katanya.

Ia menyampaikan nomor hotline yang ada di KJRI Istambul yang dapat dihubungi yakni +905319831534.

"Jadi sampai sekarang teman-teman di KJRI Istanbul masih bekerja untuk mendapatkan informasi lebih lanjut," katanya.

Ia menambahkan sampai saat ini terdapat sekitar 728 WNI di Turki dan 310 di antaranya mahasiswa.

Retno sekaligus menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia mengecam serangan terordi Bandara Ataturk Istanbul, Turki.

Hingga kini korban jiwa yang meninggal 36 orang dan korban luka-luka 147 orang.

"Terdapat kemungkinan bahwa jumlah korban akan meningkat lagi. Sejak terjadinya peristiwa tersebut sebagaimana SOP yang kita miliki kita langsung melakukan kontak baik dengan KBRI di Ankara dan KJRI di Istanbul," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper