Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Ganjar Ingin Bawaslu Seperti Drakula, Bukan Macan Ompong

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya seperti macan ompong karena tak memiliki wewenang kuat.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Kabar24.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya seperti macan ompong karena tak memiliki wewenang kuat.

“Daripada seperti ini mending Bawaslu dibubarkan saja. Ini lembaga pemborosan (anggaran),” kata Ganjar dalam talkshow evaluasi pilkada 2015 dan prospek pilkada 2016, yang digelar Center for Election and Political Party (CEPP), di gedung Gradhika Provinsi Jawa Tengah, Rabu (1/6/2016).

Kewenangannya yang minim membuat Bawaslu tak bisa mendorong pemilu bersih dan jujur. Lembaga ini tak ubahnya hanya sebagai juru tulis pelanggaran. Sebab, Bawaslu tak bisa langsung memberikan sanksi. Saat menemukan pelanggaran Bawaslu harus meneruskan penanganan kasus itu ke penegak hukum lain, seperti jaksa dan polisi.

Bekas Komisi Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat ini mengusulkan, jika Bawaslu hanya berposisi sebagai juru tulis pelanggaran, fungsi ini serahkan saja ke masyarakat. Kata dia, ada banyak lembaga swadaya masyarakat, mahasiswa, hingga wartawan yang bisa menjadi juru tulis pelanggaran pemilu.

Politikus PDI Perjuangan ini meminta Bawaslu diperkuat.

 “Kasih gigi yang kuat seperti drakula,” katanya.

Bawaslu dan jajarannya harus bisa langsung mendiskualifikasi pasangan calon kepala daerah yang terbukti melanggar aturan. Misalnya, bila ada pasangan calon kepala daerah yang melakukan politik uang, langsung diinvestigasi dan diklarifikasi.

Jajaran Bawaslu langsung mengambil keputusan, jika terbukti maka calon tersebut langsung digugurkan. Namun, kata Ganjar, para elite partai politik pasti takut jika Bawaslu diberi wewenang kuat seperti itu.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan, yang juga hadir dalam talkshow, menyatakan ke depan kualifikasi calon anggota Bawaslu dan jajarannya haruslah diperbaiki. Saat ini, kata dia, calon hanya cukup bergelar S-1 tanpa ada kejelasan soal keahlian.

"Ke depan, harus diperjelas pendidikan S-1 nya, seperti sarjana politik, pemerintahan, komunikasi, hukum dan lain-lain," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper