Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Sebabkan Puluhan Rumah di Mukomuko Rusak

Puluhan rumah di Mukomuko, Bengkulu mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.
Ilustrasi-Gedung rusak akibat gempa di Padang/Antara-Iggoy el Fitra
Ilustrasi-Gedung rusak akibat gempa di Padang/Antara-Iggoy el Fitra

Kabar24.com, JAKARTA - Puluhan rumah di Mukomuko, Bengkulu mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

"Pendataan dampak gempa 6,5 SR yang terjadi pada Kamis pukul 05.56 WIB masih terus dilakukan oleh BPBD hingga saat ini," kata Sutopo lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Berdasarkan data sementara BPBD, dampak kerusakan ada di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Sebanyak 3 orang luka berat, 13 orang luka ringan dan 56 rumah rusak.

Di Kabupaten Pesisir Selatan, terdapat 14 korban luka dan 11 rumah rusak yang terjadi di Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Air Haji Tengah.

Di Kota Padang terdapat dua orang luka berat akibat tertimpa bangunan. Korban luka berat dirawat di RSUD Painan sedangkan luka ringan di rawat di Puskesmas terdekat.

Di Kabupaten Mukomuko, kata Sutopo, pendataan baru dapat dilakukan di dua desa. Di Desa Lubuk Pinang dan Desa Pasar Panjang Kecamatan Lubuk Pinang terdapat 3 rumah roboh atau rusak berat, 3 rumah rusak sedang dan 9 rumah rusak ringan. Sedangkan di Desa Talang Sakti Kecamatan V Koto terdapat 10 rumah rusak berat, 7 rumah rusak ringan dan 13 rumah rusak ringan.

Selanjutnya, di Desa Kota Praja, Kecamatan Manjunto terdapat satu unit RSUD rusak sedang.

"Pendataan masih dilakukan. Luasnya wilayah dan kondisi hujan deras menyebabkan pendataan belum dapat dilakukan dengan cepat. Kondisi listrik mati juga menimbulkan masalah dalam pelaporan dampak gempa di Mukomuko," kata Sutopo.

Posko BNPB, kata dia, terus melakukan koordinasi dengan Pusdalops BPBD dalam pendataan. Kondisi masyarakat normal dan aktivitas berjalan seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper