Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ICW Desak Bareskrim Baru Tuntaskan Tunggakan Kasus

Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Komjen Pol Ari Dono Sukmanto untuk meningkatkan kinerja Bareskrim Mabes Polri dalam memberantas korupsi.
Mantan Dirut Pelindo II RJ Lino usai menjalani pemeriksaan di Mabes Polri, Rabu (6/1/2016) sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan mobile crane di Pelindo II tahun 2013./Antara-Akbar Nugroho Gumay
Mantan Dirut Pelindo II RJ Lino usai menjalani pemeriksaan di Mabes Polri, Rabu (6/1/2016) sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan mobile crane di Pelindo II tahun 2013./Antara-Akbar Nugroho Gumay

Kabar24.com, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Komjen Pol Ari Dono Sukmanto untuk meningkatkan kinerja Bareskrim Mabes Polri dalam memberantas korupsi. 

Pasalnya menurut catatan mereka, hingga saat ini ada tujuh tunggakan kasus besar yang masih mangkrak selama kepemimpinan Komjen Pol Anang Iskandar.

"Komjen Ari Dono diharapkan mampu membawa peningkatan kinerja Bareskrim terutama dalam penanganan perkara korupsi," ujar Koordinator Divisi Investigasi ICW Febri Hendri dalam keterangan tertulis, Rabu (1/6/2016).

Dia memaparkan, Ditipikor Bareskrim memiliki target menangani perkara korupsi sebanyak 23 kasus pada dua tahun terakhir, 2014-2015. Untuk mencapai target tersebut, Direktorat itu mendapatkan anggaran Rp4,8 miliar setiap tahunnya. Selain itu, Direktorat ini juga didukung oleh 73 penyidik Polri dan 18 pegawai negeri sipil (PNS).

Dengan dukungan anggaran dan personel tersebut, dalam periode itu Direktorat Tipikor melakukan proses penyidikan 13 perkara ditahun 2014 dan 21 perkara ditahun 2015. 

Meski jumlah perkara dibawah target, mengutip PPID Mabes Polri, jumlah perkara yang naik status menjadi P21 berjumlah 26 pada tahun 2014 dan 21 pada tahun 2015.

"Kerugian negara yang diselamatkan mencapai Rp945 miliar. Kinerja penanganan perkara korupsi Dirtipikor Bareskrim Mabes Polri dianggap relatif cukup baik," imbuh dia.

Meski demikian, berdasarkan pemantauan ICW ditemukan 20 kasus atau perkara korupsi yang sudah masuk tahap penyidikan akan tetapi belum kunjung P21 atau masuk tahap penuntutan. Beberapa perkara yang menunggak bahkan terjadi sampai empat kali pergantian Kabareskrim.

Berdasarkan hal itu, ICW mendesak Kabareskrim Polri yang baru untuk menyelesaikan tunggakan perkara korupsi yang terdapat pada Dirtipikor dan Dirtipidsus. Tunggakan perkara ini telah menjadi utang institusi Polri pada publik untuk menyelesaikan kasus secara tuntas dan transparan. 

Berikut 7 tunggakan kasus yang relatif besar ditangani Bareskrim Mabes Polri :

1. Kasus pembangunan vaksin Flu Burung dengan kerugian negara mencapai Rp 300 miliar. Beberapa pihak telah dijadikan tersangka dan masuk ke pengadilan. Akan tetapi, masih ada pelaku kakap terutama dari politisi dan pejabat tinggi Kemenkes dan BUMN yang belum kunjung menjadi tersangka. Beberapa berkas perkara juga belum kunjung naik status menjadi P21 sejak tahun 2012.

2. Perkara dugaan korupsi peningkatan mutu pendidik di Ditjen PMPTK Kemdikbud dengan kerugian negara senilai Rp 146 miliar dengan tersangka Giri Suryatmana juga belum kunjung naik status menjadi P21. Beberapa berkas perkara lainnya juga belum naik menjadi P21.

3. Kasus dugaan korupsi dana Pertamina Foundation untuk penanaman 1 juta pohon dengan tersangka Nina Nurlina (capim KPK) juga belum ada perkembangan sama sekali sejak kasusnya naik penyidikan oleh Direktorat Tipideksus sejak September 2015.

4. Kasus dugaan korupsi UPS dan Printer dan Scanner yang diduga melibatkan pejabat Pemprov Jakarta, pengusaha dan anggota DPRD DKI Jakarta. Pada kasus UPS, Dirtipikor memang telah menetapkan tersangka Kasi Sapras Sudin Pendidikan Jakbar dan Jakpus, pengusaha, dan anggota DPRD. Namun, berkas perkara pengusaha dan anggota DPRD sampai saat ini belum kunjung naik status P21 atau penuntutan.

5. Kasus dugaan korupsi pembangunan double track Cibungur-Tanjung Rasa yang juga belum kunjung naik status ke P21.

6. Kasus dugaan korupsi kondensat TPPI senilai Rp 35 triliun yang memiliki tersangka Raden Priyono (mantan Kepala SKK Migas) juga belum ada perkembangan signifikan.

7. Kasus dugaan korupsi pengadaan MCC di Pelindo II juga belum kunjung naik ke penuntutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper