Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suku Bunga Terendah, Program Mitra 25 Bank Jateng Raih Rekor MURI

Program kredit mikro Mitra Jateng 25 dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Bisnis.com, SEMARANG-  Program kredit mikro Mitra Jateng 25 dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penghargaan yang diraih adalah sebagai program kredit mikro yang memiliki suku bunga single digit terendah di Indonesia. Seperti diketahui, suku bunga dari produk tersebut sebesar 7% setiap tahunnya.

Manajer MURI Sri Widiyanti mengatakan hal itu mengacu dari surat Otoritas Jasa Keuangan yang menyatakan suku bunga terkecil sebelum Mitra Jateng 25 adalah 7,17 %/tahun yang diberikan oleh perbankan asing.

"Oleh karenya, produk tersebut patut diberi penghargaan sebab dapat menjadi inspirasi bagi perbankan lain untuk ikut memberikan kredit mikro dengan suku bunga rendah," tuturnya dalam keterangan resmi, Senin (16/5/2016).

Dia menilai penurunan suku bunga tersebut merupakan langkah nyata dari pemerintah Jawa Tengah, yang diharapkan mampu mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengatakan Mitra Jateng 25 dan 02 merupakan jawaban dari cara menyelesaikan kemiskinan yang masih tinggi di Jawa Tengah.

Sebab, imbuhnya, UMKM merupakan sektor perekonomian rakyat yang terbukti paling tahan terhadap goncangan krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu, UMKM harus terus dikembangkan dan difasilitasi oleh pemerintah.

"Pengalaman krisis 1998 ternyata yang paling punya daya tahan yang kuat itu yang kecil-kecil, usaha kecil menengah jadi perlu difasilitasi tidak hanya modal tapi pendampingan," ujarnya.

Ganjar meminta Bank Jateng untuk selalu siap menyalurkan Mitra Jateng 25 dan 02 ke seluruh penjuru Jawa Tengah agar perekonomian masyarakat melalui UMKM dapat berkembang dan semakin maju.

"Mudah-mudahan Bank Jateng akan mejadi pionir berikutnya dalam governance soal mengurusi orang miskin dengan usaha entrepreneurship yang dibangun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper