Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelundupan Ribuan Liter BBM Bersubsidi ke Timor Leste Berhasil Digagalkan

TNI dan Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ribuan liter BBM bersubdisi ke Timor Leste.
Ilustrasi: Antrean Jeriken di sebuah SPBU/Antara
Ilustrasi: Antrean Jeriken di sebuah SPBU/Antara

Kabar214.com, BELU - TNI dan Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ribuan liter BBM bersubdisi ke Timor Leste.

Tim gabungan Pos Lintas Batas (PLB) Satgas Pamtas Yonif 725/Woroagi dengan pihak Kepolisian Resor Belu berhasil mengamankan 3.380 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang akan diselundupkan ke Timor Leste.

"Penggagalan ini di pimpin oleh Kapten Inf Edi Kusumah yang dibantu oleh sejumlah personel dari pihak kepolian Resor Belu," kata Komandan Satgas Yonif 725/Woroagi Letkol Inf. Nurman Syahreda dalam pernyataan persnya, Minggu (24/4/2016).

Ia menjelaskan, BBM sebanyak itu ditemukan di dalam sebuah gubuk di pesisir pantai Dusun Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur yang dicurigai akan digunakan untuk diselundupkan ke negara tetangga.

Ia menyebutkan sejumlah barang bukti yang ditemukan itu adalah 291 jerigen dengan kapasitar isi lima liter dan 55 jerigen dengan kapasitas isi sebanyak 35 liter.

"Kita dapat informasi dari masyarakat sekitar Dusun Motaain yang mengatakan nanti akan ada penyelundupan sejumlah BBM melalui laut," ujarnya.

Usai mendapatkan informasi tersebut Nurman langsung memberitahukan kepada pihak Kepolisian untuk bekerja sama dalam penggagalan dan pemeriksaan di rumah-rumah yang berada di pesisir pantai.

Penyisiran di sejumlah rumah memakan waktu sekitar tiga jam, namun saat dilakukan pemeriksaan lagi, ditemukan ratusan jeringen yang bersisi BBM.

"Pemilik dari BBM itu sudah melarikan diri, sehingga kita tidak bisa lakukan pemeriksaan lebih lanjur. Tetapi sebagai saksi kami panggil Kepala Desanya sebagai Saksi dalam kasus tersebut," tuturnya.

Sejumlah BBM itu sudah diserahkan kepada pihak Kepolisian Belu untuk ditahan sambil mencari pelaku dalam kasus tersebut.

"Kita juga mulai bulan ini akan segera lakukan patroli bersama, baik melalui laut dan darat, mengingat kasus penyelundupan berbagai jenis kebutuhan pokok masih terus terjadi," kata Nurman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper