Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pria Ini Dihukum Mati Gara-gara Bocorkan Rahasia Negara

Seorang pria China dijatuhi hukuman mati karena membocorkan lebih dari 150.000 dokumen rahasia negara kepada pihak asing tak dikenal, kata televisi negara China, Selasa (29/4/2016).
Eksekusi/Istimewa
Eksekusi/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Seorang pria China dijatuhi hukuman mati karena membocorkan lebih dari 150.000 dokumen rahasia negara kepada pihak asing tak dikenal, kata televisi negara China, Selasa (29/4/2016).

Stasiun televisi itu melaporkan rincian yang tidak biasa dari suatu jenis kasus yang jarang disebutkan kepada masyarakat umum.

Pria itu adalah seorang teknisi komputer dari Sichuan bernama Huang Yu. Dia bekerja untuk sebuah departemen Pemerintah China yang menangani rahasia negara, tetapi dia adalah seorang karyawan yang buruk dan telah dipecat, kata laporan itu seperti dikutip Reuters.

Huang Yu yang marah mengirim pesan kepada "organisasi mata-mata asing" di internet dan menawarkan untuk menjual dokumen yang telah diperoleh saat bekerja untuk departemen negara.

Organisasi itu dengan senang hati menerima tawarannya dan memulai hubungan transaksi mereka.

Pada pertemuan di Asia Tenggara dan Hong Kong, Huang Yu akhirnya menyerahkan lebih dari 150.000 dokumen, yang meliputi rahasia mulai dari segala sesuatu terkait Partai Komunis yang berkuasa hingga isu-isu militer dan keuangan, kata laporan itu.

Namun, karena sudah tidak bekerja lagi, Huang Yu mulai kehabisan dokumen untuk diberikan, dan dia pun memanfaatkan istri dan adik iparnya yang juga bekerja untuk departemen pemerintah yang menangani rahasia negara, menurut televisi pemerintah China itu.

Tiba-tiba Kaya

Pada akhirnya, karena terlihat sering melakukan perjalanan dan tiba-tiba memiliki kekayaan, Huang tertangkap pada 2011, dan kemudian divonis hukuman mati.

Namun, laporan itu tidak mengatakan kapan atau apakah eksekusi mati telah dilakukan.

Hukum China tentang rahasia negara memiliki cakupan yang luas, meliputi segala sesuatu dari data industri hingga tanggal lahir pasti dari para pemimpin negara. Informasi biasa juga dapat diberi label rahasia negara dengan cara berlaku surut.

Presiden Xi Jinping memberlakukan perubahan undang-undang tentang kegiatan pengawasan oleh aparat keamanan, yang bertujuan untuk memerangi ancaman baik di dalam dan di luar negeri.

Namun, undang-undang keamanan baru yang sudah dia berlalukan, atau ingin diberlakukan itu, telah membuat khawatir pemerintah negara-negara Barat, termasuk undang-undang tentang antiterorisme dan keamanan dunia maya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper