Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Houston Banjir, 5 Orang Dilaporkan Tewas

Hujan deras yang mengakibatkan banjir setinggi 18 inci (46 centimeter) di Houston, Senin (18/4), mengakibatkan lima orang tewas, mengacaukan jalur transportasi serta mengubah jalanan menjadi danau di kota berpenduduk terpadat keempat di Amerika Serikat itu.
Badan cuaca memperkirakan hujan menjadi penyebab meluapnya sungai akhir pekan ini. /reuters
Badan cuaca memperkirakan hujan menjadi penyebab meluapnya sungai akhir pekan ini. /reuters

Kabar24.com, HOUSTON - Hujan deras yang mengakibatkan banjir setinggi 18 inci (46 centimeter) di Houston, Senin (18/4/2016), mengakibatkan 5 orang tewas, mengacaukan jalur transportasi serta mengubah jalanan menjadi danau di kota berpenduduk terpadat keempat di Amerika Serikat itu.

Lebih dari 1.000 unit rumah terendam banjir di Harris County, termasuk Houston, dan terdapat lebih dari 1.000 petugas penyelamat dikerahkan. "Ini merupakan banjir terbesar yang pernah saya lihat di negara bagian Texas," kata Gubernur Greg Abbott mengenai upaya penyelamatan dalam konferensi pers.

Ia menjelaskan bahwa bencana tersebut terjadi di sembilan daerah (county) di Texas. Pada kesempatan itu dia juga memperingatkan bahwa risiko bencana tetap ada dalam beberapa hari.

Abbott juga mengatakan para petugas Badan Pendapatan Internal AS memberikan perpanjangan bagi para pembayar pajak di daerah-daerah banjir yang tidak dapat memenuhi batas waktu pembayaran, Senin.

Petugas medis dan media melaporkan, lima jenazah ditemukan dan para petugas berupaya melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah mereka tewas lantaran tenggelam.

Belasan ekor kuda diselamatkan dari kandang kuda yang terendam banjir di dekat Cypress Creek. Stasiun televisi menayangkan gambar beberapa hewan berjuang menghadapi arus air setinggi leher sebelum petugas Harris County mencapai lokasi dengan menggunakan perahu.

Ed Emmett, pimpinan politik Harris County, menandatangani pernyataan darurat bencana di daerah itu,

Dalam pernyataan persnya, dia mengatakan bahwa 13 anak sungai dan saluran air yang dirancang sebagai drainase telah meluap menyebabkan banjir dan memutus jalan.

Banjir juga menerjang jalan raya menuju Houston, termasuk Interstate 10, koridor utama yang menghubungkan wilayah timur dan barat AS.

Wali Kota Houston Sylvester Turner membatalkan pidato resmi di kotanya yang dijadwalkan Senin dan menginstruksikan semua pekerja yang tidak berkepentingan untuk tinggal di rumah.

"Ini bukan hari untuk berada di jalanan di Kota Houston," ujarnya.

Pemerintah kota untuk sementara mengubah satu mal perbelanjaan menjadi pusat evakuasi.

Lebih dari 40.000 pelanggan tidak mendapatkan aliran listrik di wilayah Houston akibat cuaca buruk, demikian CenterPoint Energy melaporkan.

Pada pukul 17.00 waktu setempat (22.00 GMT) lebih dari 1.200 jadwal penerbangan di bandara utama Texas tersebut dibatalkan, demikian laporan FlightAware.com.

Tidak ada dampak yang berarti terhadap ladang dan kilang minyak di sekitar Galveston Bay.

Badan Intelijen Industri Energi Ganscape mengatakan unit produksi bensin dihentikan di Royal Dutch Shell Plcs yang bekerja sama dengan kilang Deer Park. Tidak jelas, apakah cuaca buruk menjadi faktor unit produksi tersebut ditutup.

Badan cuaca memperkirakan hujan menjadi penyebab meluapnya sungai akhir pekan ini, mengakibatkan banjir di daerah-daerah hilir, demikian laporan Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper