Pilpres AS: Hillary dan Trump Rajai Pemilihan Pendahuluan

Kandidat presiden Amerika dari partai Demokrat, Hillary Clinton dan kandidat Partai Republik, Donald Trump unggul pada hasil sementara pemilihan pendahuluan presiden Amerika Serikat.
John Andhi Oktaveri | 02 Maret 2016 12:43 WIB
Hillary Clinton dan Donald Trump - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kandidat presiden Amerika Serikat (AS)  dari partai Demokrat, Hillary Clinton dan kandidat Partai Republik, Donald Trump unggul pada hasil sementara pemilihan pendahuluan presiden Amerika Serikat.

Keduanya menang di negara bagian Alabama, Georgia, dan Tennessee.

Hillary Clinton menjadi pemuncak di Virginia dan Arkansas meski kalah dari Bernie Sanders di Vermont yag merupakan kampung halaman Sanders. Sedangkan, Trump memimpin di Massachusetts sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Rabu (2/3/2016).

Miliarder asal New York tersebut, diprediksi menang di hampir seluruh 11 negara bagian yang melaksanakan pemilu pendahuluan pada Super Tuesday.

Super Tuesday adalah hari Selasa (1/3/2016), di mana negara-negara bagian paling banyak melaksanakan pemilihan pendahuluan untuk kedua partai, sebelum pemilu presiden 8 November mendatang.

Pemilih telah memberihak suaranya di berbagai penjuru Amerika Serikat kemarin waktu setempat. Mulai dari negara bagian Massachusettes dan Virginia di pantai timur, hingga Texas di Selatan dan Alaska di bagian utara negara itu melaksnakan pemiliahn awal.

Kemungkinan Trump untuk menjadi kandidat presiden dari Partai Republik kian terbuka lebar meski beberapa rencana kebijakannya dinilai kontroversial termasuk soal imigrasi.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pilpres amerika

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup