Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rayakan Imlek, Kuil-kuil di Beijing Gelar Beragam Festival

Kuil-kuil di Beijing menggelar beragam festival selama perayaan Tahun Baru Imlek, yang dikenal sebagai festival musim semi di Tiongkok.
Suasana Imlek di Beijing, China/Reuters
Suasana Imlek di Beijing, China/Reuters

Kabar24.com, BEIJING - Kuil-kuil di Beijing menggelar beragam festival selama perayaan Tahun Baru Imlek, yang dikenal sebagai festival musim semi di Tiongkok, mulai Senin (8/2/2016) hingga sepekan kedepan.

Beberapa kuil menampilkan ritual persembahan kepada para dewa seperti yang biasa dilakukan pada masa Dinasti Qing, dengan perlengkapan upacara dan pakaian tradisional aneka model dan warna.

Ritual persembahan di kuil-kuil menjadi salah satu tontonan wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Beijing selama festival musim semi.

Lisa Huang (25) yang berasal Harbin termasuk di antara mereka yang datang ke Beijing untuk menyaksikan festival musim semi.

"Sekalian mengetahui tradisi di sini saat Dinasti Qing berkuasa. Sangat menarik," katanya.

Selain ritual persembahan, kuil juga biasa menampilkan aneka hiburan rakyat, makanan tradisional serta beragam kerajinan tangan khas Tiongkok, termasuk di antaranya aneka boneka monyet lambang tahun monyet pada Imlek 2567.

Beberapa kuil bahkan menampilkan tarian naga dan singa yang di Indonesia disebut Barongsai.

Festival musim semi di kuil-kuil di Beijing awalnya dilaksanakan semasa Dinasti Liao (907-1125).

Pada 2016 festival musim semi antara lain digelar di Kuil Changdian, Ditan, Dongyue, Baiyun, Hongluo, dan Old Summer Palace. Kuil Longtan juga menggelar festival olahraga ringan seperti lari mengelilingi kuil.

Festival musim semi di kuil-kuil tersebut rata-rata dimulai sejak pagi sekitar pukul 06.00 hingga petang sekitar pukul 18.00 waktu setempat, tergantung pengelola kuil, dengan tiket masuk sekitar 10 Yuan (Rp20 ribu).

Petasan dan Kembang Api

Meski tak sesemarak tahun-tahun sebelumnya karena pemerintah setempat menerapkan berbagai pembatasan demi mengurangi keparahan polusi udara, suara kembang api dan petasan masih terdengar bersahutan di sejumlah sudut kota Beijing sejak Minggu malam (7/2/2016).

Menyalakan petasan dan kembang api hingga menimbulkan bising diyakini bisa menakut-nakuti roh jahat dan menarik dewa kekayaan ke depan pintu rumah orang yang menyalakannya.

Pada Minggu malam, warga Beijing berkumpul bersama keluarga, kerabat dan teman sambil menyantap makanan khas Malam Tahun Baru Tiongkok.

Orang Tiongkok Utara makan aneka kue dim sum , yang melambangkan kekayaan karena bentuknya menyerupai emas dan keping perak Tiongkok kuno.

Ikan termasuk makanan yang populer karena kata "ikan" memiliki pengucapan yang sama dengan kata untuk "kelimpahan" dalam bahasa Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper